Sukses


3 Pemain Inti Timnas Indonesia yang Sebaiknya Disimpan saat Menghadapi Filipina

Bola.com, Jakarta - Tak bermaksud meremehkan Timnas Filipina, tim berjuluk The Azkals ini sepertinya sulit untuk bisa mengalahkan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia dan Filipina yang sama-sama bercokol di Grup F, akan kembali bersua dalam laga babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (11/6).

Pada pertemuan pertama di Manila, kedua tim bermain sama kuat 1-1. Jadi, laga nanti merupakan duel pembutian siapa yang terkuat.

Timnas Indonesia maupun Filipina sama-sama menenggak empedu kekalahan pada laga sebelumnya. Tim Garuda takluk 0-2 dari tim pemuncak klasemen Irak, sementara Filipina tumbang 2-3 dari Vietnam.

Jauh berbeda dari laga sebelumnya di Rizal Memorial Stadium, Manila, kini tim asuhan Shin Tae-yong diperkuat sejumlah pemain naturalisasi macam Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan terkini adalah Calvin Verdonk.

Kehadiran pemain-pemain ini tentunya membuat Timnas Indonesia kian tangguh di semua lini. Mereka akan bahu membahu dengan pemain naturalisasi yang sudah lebih dulu merapat macam Shayne Pattynama, Rafael Struick, Sandy Walsh, serta Jordi Amat.

Ditambah dukungan ribuan pemuja setianya yang akan menyemuti Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Timnas Indonesia masih lebih berpeluang memenangkan pertempuran.

Adapun Timnas Indonesia masih bercokol di posisi kedua dengan tabungan tujuh poin. Tambahan tripoin dari Filipina memastikan Timnas Indonesia mengamankan tempat di babak ketiga kualifikasi.

Dari 11 pemain inti yang diturunkan Shin Tae-yong kala bentrok kontra Irak kemarin, ada baiknya juru taktik ber-KTP Korea Selatan itu memarkir sedikitnya tiga pemain dalam pertandingan versus Filipina.

Siapa saja ketiganya?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ernando Ari

Kiper kepunyaan Persebaya Surabaya ini menjadi pemain yang paling disorot terkait kekalahan 0-2 dari Irak. Tak hanya melakukan pelanggaran yang berujung hukuman tendangan penalti, kiper 22 tahun juga blunder fatal yang mengakibatkan gawangya kebobolan pada menit ke-88.

Meski dikabarkan telah mulai tersenyum dan mental bertandingnya kembali berkobar, ada baiknya Ernando Ari diistirahatkan dulu. Artinya, Shin Tae-yong tinggal memilih apakah Adi Satryo atawa Nadeo Argawinata yang akan mengisi posisi Ernando Ari.

Jika berpatokan kepada jam terbang dan pengalaman, Nadeo Argawinata masih lebih berpeluang ketimbang Adi Satryo. Musim lalu, di ajang BRI Liga 1 2023/2024, kiper 27 tahun itu tampil dalam 34 laga dengan torehan 13 clean sheet serta 110 penyelamatan gemilang. Amazing!

 

3 dari 4 halaman

Rizky Ridho

Bergabungnya kembali Jay Idzes setelah absen melawan Irak serta kedatangan fullback anyar, Calvin Verdonk, pastinya membuat lini belakang Timnas Indonesia mengalami perubahan.

Besar kemungkinan, Jay Idzes serta Calvin Verdonk akan masuk starting XI. Itu berarti, pemain inti pada laga sebelumnya yakni Rizky Ridho masuk daftar antre di pinggir lapangan.

Jika STY masih menerapkan formasi 3-4-3, maka komposisi di jantung pertahanan adalah Justin Hubner, Calvin Verdonk, serta Bang Jay. Ketiganya siap mengunci bahkan mematikan pergerakan penyerang-penyerang Filipina.

 

4 dari 4 halaman

Shayne Pattynama

Dengan tiga bek tangguh di belakang, Timnas Timnas Indonesia butuh tambahan gempuran dari sisi kiri dan sosok yang paling cocok adalah Pratama Arhan.

Shayne Pattynama bukannya tak oke, tapi melawan Filipina, tak ada salahnya kalau kesempatan kali ini untuk menjadi starter adalah Pratama Arhan.

Selain kecepatan, Pratama Arhan juga punya kelebihan lain yang kerap mendatangkan tuah yakni lemparan ke dalamnya yang sudah jadi buah bibir di seantero dunia.

Pratama Arhan juga bisa menjadi pelayan yang akan sangat memanjakan Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, serta Marselino Ferdinan dengan variasi assist seperti yang ia lakukan dalam duel-duel sebelumnya.

Video Populer

Foto Populer