Sukses


Timnas Indonesia U-20 Masuk Pot Satu Kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Jadi Tuan Rumah, Terhindar dari Lawan Berat!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 dipastikan terhindar dari lawan-lawan yang berat setelah masuk pada pot satu dalam fase drawing alias babak undian grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Senin (10/6/2024), Timnas Indonesia U-20 tergabung di Pot 1 bersama Uzbekistan, Irak, Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, dan Yordan, Vietnam, dan Tajikistan.

Menurut rencana, agenda drawing alias babak undian grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ini bakal berlangsung di Markas AFC, di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (13/6/2024) pukul 16.00 waktu setempat.

Keuntungan yang didapatkan Timnas Indonesia U-20 tak hanya tergabung di Pot 1 babak undian saja, tetapi juga berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara yang akan berlangsung pada 21 hingga 29 September 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Format Kualifikasi

Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ini rencananya akan diikuti sebanyak 45 peserta. Seluruh peserta ini nantinya bakal tergabung ke dalam 10 grup yang berbeda. China, yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Asia U-20 2025, tidak akan berpartisipasi.

“45 tim akan dibagi ke dalam lima grup yang masing-masing terdiri dari empat peserta dan lima grup lainnya diikuti oleh lima kontestan,” bunyi pernyataan resmi AFC melalui laman resminya, Senin (10/5/2024).

“10 pemenang dari masing-masing grup, bersama dengan lima tim yang berstatus sebagai runner-up terbaik, akan melenggang ke putaran final. Mereka akan bergabung dengan tuan rumah yang otomatis lolos,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Jadi Tuan Rumah

Selain Indonesia, negara-negara yang menjadi tuan rumah pada babak kualifikasi ini ialah Vietnam, Tajikistan, Arab Saudi, Kirgizstan, Qatar, Thailand, China Taipei, Kuwait, dan Uzbekistan.

Setiap negara akan menjadi tuan rumah grup tertentu. Penentuan pembagian pot, menurut penjelasan AFC, didasarkan pada penampilan masing-masing peserta pada edisi sebelumnya.

“Setiap grup pada babak kualifikasi ini akan dipertandingkan dalam format liga terpusat. Pembagian tim ke dalam lima pot didasarkan peringkat akhir mereka dari edisi sebelumnya,” tulis AFC.

“Pada awal pengundian, tim yang bertinda sebagai tuan rumah akan dialokasikan secara terpisah ke Pot Tuan Rumah untuk memastikan bahwa mereka akan diundi ke dalam grup yang berbeda,” lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Pembagian Pot Undian Kualifikasi Piala Asia U-20 2025:

Pot 1: Uzbekistan, Irak, Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, Yordania, Vietnam, Indonesia, Tajikistan.

Pot 2: Arab Saudi, Suriah, Kirgizstan, Oman, Qatar, Thailand, Lebanon, Mongolia, Bahrain, China Taipei.

Pot 3: Malaysia, Bangladesh, Palestina, UEA, Filipina, India, Timor Leste, Myanmar, Singapura, Kamboja.

Pot 4: Kuwait, Turkmenistan, Laos, Bhutan, Hong Kong, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Maladewa, Nepal, Guam.

Pot 5: Kepulauan Mariana Utara, Korea Utara, Makau.

Tuan Rumah: Vietnam, Indonesia, Tajikistan, Arab Saudi, Kirgizstan, Qatar, Thailand, China Taipei, Kuwait, dan Uzbekistan

Video Populer

Foto Populer