Sukses


Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, FIFA: Angkat Tanganmu!

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda melaju ke fase tersebut setelah mengalahkan Filipina 2-0 pada matchday terakhir putaran kedua di SUGBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Thom Haye memecah kebuntuan Indonesia yang susah payah menjebol gawang Filipina.

Datang dari second line, Thom Haye dengan sempurna melepaskan tembakan keras tanpa mampu ditahan kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza. Penjaga gawang Persib Bandung itu gagal menahan kerasnya tendangan sang gelandang bertahan dan membuat timnya tertinggal 0-1 pada menit ke-33.

Babak kedua dimulai, Shin Tae-yong belum melakukan pergantian pemain. Agaknya, sang pelatih asal Korea Selatan itu masih percaya taktik pada babak pertama bisa menghasilkan gol lagi.

Benar saja, lewat skema set piece, Rizky Ridho yang berdiri di tiang dekat mampu menyambar bola lewat sundulannya memanfaatkan umpan Nathan Tjoe-A-On menit 56'.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia mengunci posisi kedua Grup F di bawah Irak dengan 10 poin. Sementara itu, Vietnam otomatis tersingkir meski belum menjalani laga terakhir melawan Irak di Basra.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pujian dari FIFA

FIFA memberikan pujian untuk Timnas Indonesia atas pencapaian ini. 

"Angkat tangan jika Anda lolos ke babak berikutnya kualifikasi AFC #FIFAWorldCup!," tulis FIFA di X.

Timnas Indonesia untuk sementara menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang lolos. Vietnam dan Thailand telah tersingkir. Sementara Malaysia, yang menang 3-1 atas Chinese Taipei, masih harus menunggu laga Oman versus Kirgistan dini hari nanti

3 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Grup F

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  5  5  0  0  14-1  15
2  Timnas Indonesia  6  3  1  2  8-8  10
3  Vietnam  5  2  0  3  5-7  6
4  Filipina  6  0   1  5  3-14  1
4 dari 4 halaman

Momen Bersejarah

Timnas Indonesia akhirnya lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos putaran final Piala Asia 2027. Itu berkat kemenangan 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup F. Sebenarnya masih ada satu laga tersisa, yakni Vietnam kontra Irak yang digelar pada Rabu (12/6/2024) dinihari WIB. Namun posisi Garuda tidak tergoyahkan di runner-up Grup F dengan 10 poin.

Irak sendiri sudah pasti jadi juara Grup F. Sedangkan Vietnam baru mengemas enam poin dalam lima laga. Kalaupun mengalahkan Irak, Vietnam hanya akan mengemas sembilan poin saja.

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, terlihat masih tidak percaya membawa timnya memenangkan laga ini. Sebab, status runner-up membuat tim Merah Putih menembus babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan putaran final Piala Asia 2027.

“Perasaan saya sulit digambarkan setelah pertandingan malam ini. Rasanya sangat luar biasa kami bisa memenangkan pertandingan penting,” ucap Thom Haye dalam wawancara setelah pertandingan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer