Sukses


Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Lolos, Thailand dan Vietnam Kandas, Malaysia Masih Dag Dig Dug

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih tiket lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sementara itu, Thailand dan Vietnam harus kandas, sedangkan Malaysia masih deg-degan menanti hasil duel Oman versus Kirgistan.

Timnas Indonesia bersua Filipina pada laga terakhir putaran kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/024) malam WIB.

Mendapat dukungan penuh dari suporter, Tim Garuda tampil percaya diri. Anak asuh Shin Tae-yong tersebut menorehkan 53,8 persen penguasaan bola, berbanding 46,2 persen milik Filipina.

Selain itu, Timnas Indonesia melepaskan 20 tembakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Filipina hanya memperoleh satu peluang bagus dari tujuh kesempatan.

Bermain menekan, Tim Garuda sukses menyudahi duel dengan kemenangan 2-0. Sepasang gol Timnas Indonesia disarangkan Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho menit ke-56.

Berkat hasil tersebut, Tim Garuda berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan status runner-up Grup F dengan nilai 10. Timnas Indonesia tertinggal lima poin dari Irak di puncak grup, tetapi masih mengantongi satu duel yang belum dimainkan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Thailand dan Vietnam Kandas

Jika Timnas Indonesia sukses melenggang ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, nasib berbeda dialami Thailand dan Vietnam. Dua wakil Asia Tenggara tersebut harus kandas di putaran kedua.

Timnas Thailand bersua Singapura di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Selasa (11/6/2024) malam WIB. Bermain di kandang sendiri, Thailand mengunci kemenangan dengan skor 3-1.

Ketiga gol kemenangan Timnas Thailand dicetak Suphanat Mueanta pada menit ke-37, Poramet Arjvirai menit ke-79, dan Jaroensak Wonggorn menit ke-86. Adapun gol tunggal Singapura disarangkan Ikhsan Fandi menit ke-57.

Sayangnya, hasil tersebut tak cukup membawa Timnas Thailand lolos ke putaran ketiga. Tim yang dijuluki Gajah Perang tersebut harus puas berada di urutan ketiga Grup C dengan nilai delapan, kalah head to head dari China yang menempati peringkat kedua.

Sementara itu, Timnas Vietnam harus terhenti sebelum menjalani laga terakhir Grup F kontra Irak di Basra International Stadium, Basra, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB. Sebab, Vietnam berada di urutan ketiga dengan nilai enam dan tak bisa lagi menyalip Timnas Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Timnas Malaysia Dag Dig Dug

Wakil Asia Tenggara lainnya yang menjalani pertandingan hari ini adalah Timnas Malaysia. Menjamu Chinese Taipei di Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur, Tim Harimau Malaya mengunci kemenangan dengan skor 3-1.

Trigol Timnas Malaysia disarangkan Safawi Rasid pada menit ke-53, Paulo Josue menit ke-69, dan Muhammad Adib Bin Abdul Ra'Op menit ke-90+6. Di sisi lain, gol Chinese Taipei dicetak Yao-Hsing Yu menit ke-20.

Hasil tersebut membuat Timnas Malaysia naik ke tempat kedua Grup D dengan koleksi 10 poin, tertinggal dua angka dari Oman yang berada di tempat teratas. Mereka juga unggul head to head atas Kirgistan yang menempati peringkat ketiga.

Meski begitu, Timnas Malaysia masih dag dig dug karena belum pasti lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebab, Kirgistan masih akan menghadapi Oman di Sultan Qaboos Sports Complex, Muscat, Selasa malam WIB.

Andai Kirgistan bermain imbang kontra Oman, Timnas Malaysia harus gigit jari. Pasalnya, Oman dan Kirgistan yang akan menjadi wakil dari Grup D yang menembus putaran ketiga.

Video Populer

Foto Populer