Sukses


Rapor Performa Pemain Lokal saat Timnas Indonesia Hadapi Filipina: Rizky Ridho Menyala!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos putaran final Piala Asia 2027. Itu berkat kemenangan 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup F. Sebenarnya masih ada satu laga tersisa, yakni Vietnam kontra Irak yang digelar pada Rabu (12/6/2024) dinihari WIB.

Namun, Posisi Garuda tidak tergoyahkan di runner-up Grup F dengan 10 poin. Irak sudah pasti jadi juara Grup F. Sedangkan Vietnam baru mengemas enam poin dalam lima laga. Kalaupun mengalahkan Irak, Vietnam hanya mengemas sembilan poin saja.

Timnas Indonesia pun sudah memastikan satu tempat di Piala Asia 2027 yang akan digelar di Arab Saudi. Sedangkan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024 mendatang.

Pelatih Shin Tae-yong memainkan empat pemain lokal sejak menit pertama, yakni Ernando Ari, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, dan Marselino Ferdinan. Menyusul tiga pemain, yaitu Yakob Sayuri, Pratama Arhan, dan Dimas Drajad.

Bola.com telah merangkum rapor pemain lokal yang tampil saat Timnas Indonesia mengalahkan Filipina dalam laga penting ini. Simak ulasannya berikut:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Rapor Pemain Starter

  • Ernando Ari - 6.5

Kiper milik Persebaya Surabaya tidak banyak menunjukkan aksinya sepanjang pertandingan. Maklum saja, Filipina pun kerap kesulitan menembus pertahanan Timnas Indonesia.

Ernando hanya sekali melakukan penyelamatan, yakni sepakan tepat sasaran Zico Bailey. Dan memang hanya itu shot on target yang dibukukan Filipina. Sisanya, Ernando cukup sigap mengantisipasi upaya serangan lewat umpan silang.

  • Rizky Ridho - 8

Bek asli Surabaya ini mampu tampil solid sejak menit pertama. Dia bekerja sama dengan Justin Hubner dan Jay Idzes mengawali lini pertahanan dalam formasi 3-4-3 yang diterapkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Ridho mampu membangun serangan dari belakang dalam kondisi akan menyerang. Namun, kepiawaiannya sebagai bek juga kian teruji dengan tampil solid selama 90 menit pertandingan.

Bek berusia 22 tahun itu bahkan mencetak gol di menit ke-56 usai memanfaatkan sepakan bebas Nathan Tjoe-A-On. Rapor nilai yang didapatnya bisa dibilang nomor dua terbaik setelah Thom Haye yang tampil impresif.

  • Asnawi Mangkualam - 6.5

Menempati posisi wing back kanan, Asnawi mampu tampil apik memanfaatkan ruang sisi kiri pertahanan Filipina. Dia bergerak cepat membantu serangan maupun pertahanan Timnas Indonesia.

Sayangnya, dia bukanlah satu-satunya alternatif Timnas Indonesia dalam melakukan serangan. Asnawi tampil sampai menit ke-84 sebelum diganti Sandy Walsh dan sukses memainkan peran sebagai kapten maupun wing back kanan.

  • Marselino Ferdinan - 7

Pemain yang berkarier di Belgia ini dimainkan sebagai penyerang sejak menit pertama dan tampil penuh. Hasilnya, Marselino mampu beberapa kali merepotkan pertahanan Filipina.

Dia tercatat membukukan empat tembakan, masing-masing tiga di antaranya mengarah ke gawang dan satu yang melenceng. Sayangnya, tak ada gol yang tercipta dari kreasi pemain berusia 19 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Pemain Pengganti

  • Yakob Sayuri - 6

Winger berusia 26 tahun ini masuk pada menit ke-61 menggantikan Rafael Struick yang minim kontribusi. Hasilnya, tak banyak yang dilakukan Yakob Sayuri sebagai penyerang.

Yakob Sayuri hanya beberapa kali tercatat menjemput bola dari belakang. Sisanya, tak ada umpan kunci atau tembakan yang dibukukannya.

  • Pratama Arhan - 6.5

Bek kiri milik Suwon FC ini baru tampil mulai menit ke-67 menggantikan Calvin Verdonk yang menjalani debut impresif. Pratama Arhan juga tidak banyak melakukan perubahan sejak dimasukkan.

Dia hanya beberapa kali mendapat kesempatan lemparan ke dalam. Namun, caranya dalam membantu serangan dari sisi kiri cukup apik.

  • Dimas Drajad - 6

Penyerang milik Persikabo 1973 ini masuk di menit ke-84 menggantikan Ragnar Oratmangoen. Waktu yang minim praktis membuatnya tidak banyak membantu mengingat dia masuk Timnas Indonesia sudah unggul 2-0.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer