Sukses


Kualifikasi Piala Dunia 2026: Pelatih Vietnam Kecewa Timnas Indonesia Menang, Ujungnya Babak Belur di Tangan Irak

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam mengalami nasib sial dalam Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka sudah dipastikan gagal melaju ke babak ketiga sebelum menuntaskan pertandingan keenam Grup F.

Penyebabnya, Timnas Indonesia menang 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam. Hasil itu membuat Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin.

Sebenarnya masih ada satu laga tersisa, yakni Vietnam kontra Irak yang digelar pada Rabu (12/6/2024) dinihari WIB. Vietnam baru mengemas enam poin dalam lima laga. Kalaupun mengalahkan Irak, Vietnam hanya akan mengemas sembilan poin saja.

Yang terjadi, Vietnam kalah 1-3 dari Irak di laga tersebut. Vietnam pun harus puas mengoleksi enam poin dari enam pertandingan. Sementara Irak sukses mengemas 18 angka alias selalu menang dalam enam laga Grup F.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lemas Duluan

Pelatih Vietnam, Kim Sang-sik, menuturkan bahwa timnya sudah mengalami kekecewaan setelah mengetahui Timnas Indonesia menang. Situasinya jadi tidak menguntungkan timnya yang saat itu belum menghadapi Irak.

“Setelah tim Indonesia menang, saya dan pemain sedikit kecewa. Namun kami tetap bertekad untuk berusaha mengalahkan tim Irak, karena pertandingan ini juga memiliki arti yang sangat penting bagi tim Vietnam,” kata Kim Sang-sik dikutip dari Soha.

“Hasilnya, tim Irak bermain bagus, tapi para pemain saya juga berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Tak Berkutik

Kekalahan 1-3 dari Irak menunjukkan bahwa Vietnam memang tidak bisa berbuat banyak di pertandingan itu. Apalagi, Irak sempat unggul 2-0 berkat Hussein Ali (12’) dan Ali Jassim (71’).

Vietnam baru sempat membalas lewat Pham Tuan Hai di menit ke-84. Irak kemudian membuat laga berakhir kemenangan 3-1 lewat tambahan gol yang dicetak oleh Ayman Hussein di injury time.

“Tantangan yang dihadapi tim Vietnam sangat berat namun para pemain berusaha semaksimal mungkin. Meski kalah 1-3, seluruh tim sangat menunjukkan keinginan saya untuk menang dan saya mengucapkan terima kasih untuk mereka,” ungkap Kim Sang-sik.

4 dari 4 halaman

Sejarah bagi Timnas Indonesia

Vietnam terpaksa mengakhiri petualangan di kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, mereka masih akan menjalani babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2027.

Sedangkan Timnas Indonesia yang meraih status runner-up Grup F sukses menembus dua fase sekaligus. Di antaranya adalah babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan putaran final Piala Asia 2027.

Ini merupakan sejarah baru dalam kiprah Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia. Sebab, skuad Garuda punya catatan paling mentok hanya berhasil sampai babak kedua.

Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024 mendatang. Sebanyak 18 negara Asia akan berebut tempat dalam babak ketiga nanti untuk delapan kuota AFC dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dari 18 negara, mereka akan terbagi ke tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Undian pembagian grup babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilakukan pada 27 Juni 2024.

Sumber: Soha

Video Populer

Foto Populer