Sukses


Pengamat Puji Debut Calvin Verdonk saat Timnas Indonesia Tumbangkan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Duel kontra Timnas Filipina pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi laga spesial buat bek Timnas Indonesia, Calvin Verdonk.

Pemain naturalisasi asal Belanda itu akhirnya mencatatkan debut bersama Garuda. Pemilik nama lengkap Calvin Ronald Verdonk itu turut andil dalam kemenangan penting Timnas Indonesia atas Filipina.

Garuda menumbangkan tim tamu dengan skor 2-0 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Calvin Verdonk belum lama ini menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bek berusia 27 tahun itu melakukan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, DKI Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Pada laga melawan Filipina, Calvin Verdonk tampil sejak menit awal. Dia menggeser Shayne Pattynama dan Pratama Arhan yang kerap jadi pilihan utama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Statistik Calvin Verdonk

Performa pemain NEC Nijmegen itu meninggalkan kesan positif. Calvin Verdonk bermain solid, bergerak naik-turun di sisi kiri lapangan tanpa kenal lelah.

Dari catatan lapangbola.com, Calvin Verdonk total melepaskan tiga tembakan ke arah gawang. Pemain keturunan Aceh itu menciptakan peluang terbanyak kedua di Timnas Indonesia dengan dua chances created.

Akselerasi dan akurasi umpan Calvin Verdonk cukup baik dengan membukukan 24 umpan sukses. Selain itu, bek berpostur 174 cm tersebut juga mampu melakukan dua intercepts, satu tekel, dan tiga pemulihan.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Berkualitas

Pemain kelahiran Dordrecht, Belanda itu mendapat setidaknya dua peluang membahayakan gawang Filipina. Salah satunya terjadi pada menit ke-28.

Menerima umpan Rafael Struick, tembakan Verdonk di depan gawang berhasil diblok kiper lawan. Namun, Calvin Verdonk tidak bermain penuh dalam laga ini. Dia ditarik keluar pada menit ke-67 dan digantikan Pratama Arhan.

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan pujian pada penampilan Calvin Verdonk. Apa katanya?

"Calvin Vardonk sangat efektif dalam membantu attacking dengan kualitas passing yang sangat baik," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Rabu (12/6/2024).

 

 

 

4 dari 5 halaman

Tampil Tenang dan Percaya Diri

Tidak hanya Calvin Verdonk, Erwan Hendarwanto juga secara khusus menyoroti penampilan apik Jay Idzes. Bek Venezia FC itu bermain penuh selama 90 menit dalam pertandingan ini.

"Jay Idzes angat tenang dalam mengkoordinasi lini belakang dan tepat dalam mengambil keputusan dalam mengantisipasi counter attack lawan," kata Erwan Hendarwanto.

"Saya kira Timnas Indonesia layak untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kehadiran Calvin Verdonk dan Jay Idzes menjadi kunci Timnas Indonesia bisa tampil tenang dan percaya diri," sambungnya.

 

 

5 dari 5 halaman

Cetak Sejarah

Timnas Indonesia baru saja mengukir sejarah baru. Tim Garuda untuk kali pertama lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Prestasi gemilang itu ditorehkan seusai Timnas Indonesia mengalahkan Timnas Filipina dalam matchday terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tambahan tiga poin membuat pasukan Garuda finish sebagai runner-up Grup F. Asnawi Mangkualam dkk. membukukan 10 poin dari enam laga yang dijalani.

Sementara Irak kokoh di puncak klasemen dengan poin sempurna yakni 18. Urutan ketiga dihuni Vietnam dengan nilai enam. Adapun Filipina tercecer di dasar klasemen dengan satu angka.

Video Populer

Foto Populer