Sukses


Pemain Diaspora yang Tertarik Gabung Timnas Indonesia Bertambah, Kali Ini Sjors Lowis

Bola.com, Jakarta Pemain yang siap membela Timnas Indonesia via program naturalisasi terus bertambah. Kali ini, seorang wonderkid yang masih berusia 16 tahun sudah tak sabar ingin secepatnya mengenakan jersey kebesaran Timnas Indonesia.

Namanya Sjors Lowis, lengkapnya Sjors-Lows Hermsen. Saat ini, si lincah yang bermain di posisi sayap bermain untuk U-21 Fortuna Sittard, Belanda. Ia satu klub dengan Ragnar Oratmangoen yang sudah lebih dulu menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan saat ini menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Meski masih bocah, namun kemampuan Sjors Lowis sungguh mengagumkan. Terbukti, di usianya yang sangat muda, Sjors Lowis pernah mendapat kesempatan untuk tampil di tim senior Fortuna Sittard di ajang kasta tertinggi Belanda, Eredivisie 2023/2024 beberapa waktu lalu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Debut Jadi Sorotan

Debutnya tersebut kontan membuat Sjors Lowis jadi sorotan dunia, karena langkah berani yang ditempuh Fortuna Sittard.

Manajemen Fortuna Sittard punya alasan kuat mengapa berani memberikan momen spesial bagi Sjors Lowis. Di level junior, pengagum Cody Gakpo itu tampil ciamik dengan torehan 12 gol 15 assist.

Melihat bakatnya yang luar biasa, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) harus gerak cepat.

Soalnya, via akun YouTube Yussa Nugraha, pemain keturunan dari garis nenek (Jakarta) itu terang-terangan menyatakan siap merapat ke Timnas Indonesia jika memang ada kesempatan untuk bergabung.

"Jika saya tak bermain untuk Timnas Belanda, maka saya akan mempertimbangkan Indonesia," kata Sjors Lowis.

3 dari 4 halaman

Posisi Striker

Kehadiran Sjors Lowis pastinya akan memperkuat Timnas Indonesia di masa mendatang, terlebih di sektor gedor. Shin Tae-yog lebih punya banyak opsi, bergantung skema yang ingin ia mainkan.

Mengingat Shin Tae-yong sangat menyukai tipikal pemain muda bertalenta dengan fisik serta stamina di atas rata-rata, tak terbantahkan lagi kalau Sjors Lowis tipe amunisi yang sangat dibutuhkan oleh juru taktik berpaspor Korea Selatan itu.

Melihat sebagian besar pemain naturalisasi yang ada sekarang berasal dari Negeri Kincir Angin, Sjors Lowis juga tak butuh waktu lama untuk beradaptasi karena komunikasi tak lagi jadi penghalang utama.

4 dari 4 halaman

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia sendiri tengah bersiap jelang bergulirnya babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jika tak ada aral melintang, sebanyak 18 negara, termasuk Indoenesia, akan saling tikam mulai 5 September 2024 hingga 19 November 2025.

Mengingat ketatnya persaingan menuju putaran final Piala Dunia 2026, tak ada salahnya jika PSSI menambah daya gedor dengan secepatnya menaturalisasi Sjors Lowis.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer