Sukses


Nova Arianto Waspadai Dua Lawan Tangguh di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia U-16 Siap TC di Luar Negeri

Bola.com, Yogyakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, bakal mewaspadai sejumlah peserta yang tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Di grup ini, Garuda Muda bakal bersaing dengan Australia, Kepulauan Mariana Utara, dan Kuwait.

Nova Arianto mengatakan, Australia dan Kuwait menjadi peserta yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-16. Pasalnya, kedua negara ini punya sejarah yang mentereng di sepak bola Asia.

“Seperti yang telah diketahui, kita akhirnya tergabung di Grup G dengan tuan rumah Kuwait, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara,” kata Nova Arianto dikutip dari akun Instagram @timnas.indonesia, Selasa (18/6/2024).

“Memang kita harus mewaspadai semua tim yang ada di grup ini, termasuk Australia dan Kuwait. Karena, mereka memiliki tradisi yang sangat baik di sepak bola, terutama di Asia,” imbuhnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terinspirasi Timnas Senior

Nova mengatakan, seluruh pertandingan Grup G yang bakal berlangsung di Kuwait menjadi salah satu momen yang menarik. Sebab, sebelumnya dia pernah mengukir sejarah bersama Timnas Indonesia,

Ketika itu, Nova yang menjadi asisten Shin Tae-yong sukses menumbangkan Kuwait yang berstatus sebagai tuan rumah dengan skor 2-1. Kemenangan inilah yang akhirnya membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. 

“Saya berharap, kami bisa meraih prestasi. Saya mendapatkan kenangan yang baik di Kuwait bersama Timnas Indonesia senior yang lolos ke Piala Asia 2023 saat bertanding di Kuwait,” ujar Nova 

“Harapannya, prestasi itu bisa kembali kami ulangi lagi, sehingga Timnas Indonesia U-16 bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025,” tambah pelatih berusia 44 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Siapkan TC Luar Negeri

Nova memastikan, Timnas Indonesia U-16 akan menggelar pemusatan latihan (TC) di luar negeri sebelum menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2015 yang berlangsung pada 23 hingga 27 Oktober 2024.

Pasalnya, para pemain harus berusaha untuk adaptasi dengan cuaca setempat. Dari pengalaman Nova, Kuwait memiliki udara yang panas dan lembap. Pemain harus terbiasa dengan situasi ini sebelum bertanding.

4 dari 4 halaman

Adaptasi Cuaca

“Di Kuwait, cuacanya cukup panas dan lembap. Itu menjadi perhatian kami ke depannya dalam mempersiapkan diri. Kami harus bisa beradaptasi dengan cuacanya,” ujarnya.

“Termasuk dengan melakukan TC di negara yang mempunyai cuaca tak beda jauh dengan Kuwait. Harapannya pemain bisa beradaptasi dengan baik dan bisa tampil maksimal saat bertanding,” imbuhnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer