Sukses


Thom Haye Cerita Proses Adaptasi di Timnas Indonesia: Bahasa Bukan Jadi Masalah

Bola.com, Jakarta - Thom Haye cukup telat mendapatkan kesempatan dinaturalisasi untuk menjadi pemain Timnas Indonesia. Haye memperkuat Tim Garuda pada usia 29 tahun.

Thom Haye menjadi satu dari beberapa pemain baru yang ada di Timnas Indonesia. Meski demikian, Haye tak merasakan masalah dalam proses adaptasi.

Bahkan, Thom Haye merasa proses adaptasinya di skuad Timnas Indonesia sangat bagus. Sebab, ia merasa kondisi tim asuhan Shin Tae-yong tersebut sangat terbuka.

Pemain lama di Timnas Indonesia menyambut baik para pemain baru yang hadir. Mereka pun bisa bekerja sama dengan baik.

"Sejujurnya sangat bagus, saya pikir lingkungan di Timnas Indonesia sangat terbuka," ujar Thom Haye di kanal Youtube Indosat Ooredoo Hutchison.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bahasa Universal

Thom Haye juga merasa sepak bola adalah bahasa universal. Hal itu membuatnya tak kesulitan beradaptasi dengan Timnas Indonesia.

Menurut Thom, para pemain hanya perlu mengerti istilah-istilah dasar dalam sepak bola. Sementara itu, kosakata yang lain bisa menyusul.

"Sangat mudah untuk menyatu dengan tim dan saya pikir bahasa sepak bola sama di mata semua orang," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Semakin Akrab

Thom Haye menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada Maret lalu. Debut Haye terjadi di kandang Timnas Vietnam dalam laga lanjutan fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.  

Pemain berusia 29 tahun itu merasa saat ini kedekatannya dengan para pemain Timnas Indonesia yang lain semakin erat. Sebab, mereka semakin sering menghabiskan waktu bersama. Terutama saat menghadapi laga internasional.

"Di sepak bola jika seseorang menghabiskan waktu di tim itu tidak akan terlalu sulit untuk beradaptasi," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Statistik Thom Haye di Timnas Indonesia*

  • 3 laga
  • 1 gol
  • 1 assist

*Hingga 18 Juni 2024

Video Populer

Foto Populer