Sukses


BRI Liga 1: Regulasi Pemain Asing Berubah, PSIS Semarang dan Taisei Marukawa Pilih Berpisah

Bola.com, Semarang - Perubahan regulasi pemain asing yang bakal diterapkan pada kompetisi Liga 1 2024/2025 membuat PSIS Semarang harus mengambil keputusan yang sulit dengan melepas salah satu pemain andalannya, Taisei Marukawa.

Seperti yang telah beredar sebelumnya, regulasi pemain asing untuk Liga 1 musim depan mengalami sejumlah perubahan. Selain penambahan kuota, ada pula regulasi yang mengatur pemain di atas lapangan.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menjelaskan bahwa setiap tim hanya bisa memainkan satu pemain asing Asia di lapangan. Apabila ada pemain Asia yang ingin dimainkan, maka pemain Asia yang harus diganti.

“Regulasi pemain asing Asia pada musim depan berubah. Klub hanya diperbolehkan memainkan satu pemain asing Asia di pertandingan,” kata Yoyok Sukawi, Selasa (18/6/2024) malam.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertimbangan Klub

Yoyok menjelaskan, Mahesa Jenar sudah memiliki Gali Freitas yang statusnya sebagai pemain asing asal Asia, seperti Marukawa. Setelah melalui pertimbangan panjang, mereka akhirnya memutuskan melepas pemain asal Jepang itu.

Menurut Yoyok, keputusan ini juga telah didiskusikan dengan Taisei Marukawa. Setelah ini, Taisei akan dilepas ke klub lain dengan mekanisme transfer karena ia masih terikat kontrak dengan PSIS hingga 2025.

“Di PSIS saat ini ada Gali Freitas. Maka, setelah diskusi dan mempertimbangkannya dengan matang, maka PSIS dan Taisei sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama dan Taisei keluar dengan skema transfer fee,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Kontribusi Marukawa

Winger berusia 27 tahun ini memang punya catatan yang cukup oke pada musim 2023/2024. Dari total 30 penampilan, Taisei Marukawa sukses menyumbangkan empat gol dan 11 assist untuk Mahesa Jenar.

Angka ini mengalami fluktuasi jika dibandingkan musim sebelumnya. Pada edisi 2022/2023, Marukawa mengukir tujuh gol dan tujuh assist dari 33 pertandingannya bersama Mahesa Jenar.

 

4 dari 4 halaman

Lepas Sembilan Pemain

Sejauh ini, PSIS Semarang sudah melepas sembilan pemain. Sebelum munculnya nama Wahyu Prasetyo dan Fredyan Wahyu, Mahesa Jenar telah terlebih dahulu berpisah dengan Gian Zola dan Evan Dimas.

Setelah itu, muncul rombongan tiga pemain muda yang resmi angkat kaki dari Kota Atlas. Ketiga nama yang dimaksud yakni, Aqsha Saniskara, Eka Febri, dan Aditya Jorry, yang berpisah pada Rabu (5/6/2024)

Sementara itu, dua nama lainnya merupakan penggawa asing Mahesa Jenar, yakni Lucas Gama dan Taisei Marukawa. Sejauh ini, belum ada sosok pemain baru yang diumumkan PSIS Semarang.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer