Sukses


Kiper Senior Joko Ribowo Bakal Menjalani Peran Ganda di Maluku United, Apa Maksudnya?

Bola.com, Jakarta - Kiper senior Joko Ribowo musim 2024/2025 dipastikan mempunyai tugas ganda di timnya Maluku United.

Ya, hal di atas diketahui setelah unggahan terbaru dari akun official klub yang memperkenalkan Joko Ribowo sebagai asisten pelatih kiper.

Dikonfirmasi terkait hal itu, kiper yang pernah mengawal PSIS Semarang itu membenarkan penunjukan dirinya sebagai asisten pelatih kiper di Maluku United.

Namun, dia memastikan jika ia tetap sebagai pemain, jadi kemungkinan besar dia akan mempunyai tugas ganda.

Joko Ribowo mengaku bersyukur dengan penunjukannya sebagai asisten pelatih kiper. Pasalnya, ia mengaku saat ini sudah mengantongi lisensi pelatih B AFC.

Jadi, dengan penunjukannya itu, ia tentu akan merasakan suasana bagaimana menjadi pelatih kiper profesional.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pemain Merangkap Pelatih

Maluku United resmi memperkenalkan jajaran kepelatihan untuk musim 2024/2025. Imran Nahumarury tentunya masih berstatus sebagai pelatih kepala.

Lalu Maluku United pun memperkenalkan Dedy Gusmawan (asisten pelatih), Achmad Resal (asisten pelatih), Alan Haviluddin (pelatih kiper), Ramdhan Fitrayadi (pelatih fisik), dan Gaselly Jun Panam (pelatih fisik).

"Iya, untuk musim depan saya juga menjadi asisten pelatih kiper. Tapi, tetap bermain juga. Ini tentu menjadi pengalaman baru saya, karena memang saya sudah memiliki lisensi pelatih B AFC," kata Joko Ribowo kepada Bola.com, Kamis (20/6/2024).

Memegang lisensi pelatih tentu saja tujuan akhirnya suatu saat nanti akan berkarier sebagai pelatih di sebuah tim, entah itu menjadi pelatih kepala maupun pelatih kiper.

 

Joko Ribowo menegaskan jika pengalaman menjadi asisten pelatih di Malut tentu akan memberikan banyak pengalaman lain.

Pasalnya, yang dilatih saat ini adalah kiper-kiper profesional yang mentas di kompetisi tertinggi di tanah air yakni Liga 1.

 

3 dari 4 halaman

Pikirkan Masa Depan

Selain itu pria kelahiran, Mijen, Demak 35 tahun lalu ini memastikan jika usianya tidak lagi muda. Maka, untuk masa depannya harus sudah dipikirkan.

Salah satunya adalah menambah ilmu kepelatihan di dalam tim profesional meski hanya sebagai asisten pelatih.

"Usia saya kan sudah 35 tahun, tentu tidak muda lagi. Sudah harus memikirkan masa depan setelah tidak aktif sebagai pemain lagi," kata Joko Ribowo.

"Ya, salah satunya nanti menjadi pelatih, dan untuk itu saya harus menambah pengalaman, salah satunya menjadi asisten pelatih kiper," ungkapnya.

"Terus menambah ilmu, meskipun sudah sering melatih di kampung saya, tentu saja iniberbeda karena kan yang dilatih ini kiper-kiper profesional dan sudah berpengalaman juga," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Bisa Lebih Banyak Lagi Tampil

Disinggung soal harapannya musim 2024/2025 bersama Maluku United, kiper yang pernah merumput bersama Barito Putera ini berharap lebih banyak lagi tampil dan tentunya bisa menjalankan peran barunya dengan baik sebagai asisten pelatih kiper.

Joko Ribowo salah satu pemain yang ikut memberikan kontribusinya musim lalu sehingga Maluku United sukses menjadi juara Liga 2 msumi 2023/2024 sehingga berkah promosi ke Liga satu musim ini.

"Harapannya dapat ilmu baru tentang kepelatihan dari pelatih senior, ini pengalaman pertama bisa menjalankan tugas dengan baik sebagai pemain atau asisten pelatih," ungkap Joko Ribowo.

"Tentunya, bisa memberikan kontribusi yang baik agar Maluku United berprestasi di Liga 1," ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer