Sukses


Semua Pelatih di Grup A Kompak Akui Timnas Indonesia U-16 Lawan Paling Berat: Sudah Mulai Ketar-ketir Nih?

Bola.com, Solo - Seluruh pelatih yang bakal menjadi lawan Timnas Indonesia U-16 di Grup A Piala AFF U-16 2024 ternyata satu suara. Mereka sama-sama mengakui skuad Garuda Muda sebagai lawan paling tangguh di grup ini.

Pada persaingan Grup A Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 akan bersaing melawan Singapura, Filipina, hingga Laos. Keempat peserta ini akan saling sikut untuk merebutkan tiket ke fase gugur.

Pelatih Timnas Laos U-16, Kanlaya Sysomvang, mengakui bahwa skuad asuhan Nova Arianto merupakan lawan yang paling layak diwaspadai. Pihaknya akan menyiapkan taktik terbaik untuk meladeni perlawanan Garuda Muda.

“Kita tahu Indonesia tim yang kuat saat ini. Jadi, kami tahu itu. Kami sudah menyiapkan sejumlah taktik untuk bisa bersaing dengan mereka. Ya, jadi lihat saja nanti di lapangan,” ujar Sysomvang dalam sesi konferensi pers, Kamis (20/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengakuan Pelatih Filipina

Sementara itu, juru taktik Timnas Filipina U-16, Yuki Matsuda, juga punya pendapat yang serupa. Hanya saja, pelatih asal Jepang ini menyoroti soal ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih maju ketimbang Filipina.

Itu membuat Timnas Indonesia U-16 bisa lebih muda menemukan pemain-pemain berbakat untuk menyusun skuad menghadapi Piala AFF U-16 2024.

“Saya juga bisa bilang Indonesia adalah tim yang cukup kuat sekarang ini. Kami bisa mengamat mereka nanti. Sebagai contoh, Filipina juga bisa mempunyai kesulitannya tersendiri,” kata Yuki Matsuda.

“Tetapi, kita tahu orang-orang Indonesia juga cukup suka sepak bola. Itu poin kuatnya. Selain itu, banyak klub dan liga profesional, itu membuat mereka punya banyak pemain maupun pelatih dengan level tinggi,” lanjutnya. 

3 dari 4 halaman

Komentar Pelatih Singapura

Adapun arsitek Timnas Singapura U-16, Angel Toledano Flores, tak hanya menyoroti kekuatan anak asuh Nova Arianto. Dia juga menyinggung soal fanatisme pendukung Timnas Indonesia U-16.

Menurutnya, animo dukungan tuan rumah bakal membludak seperti kejuaraan-kejuaraan lainnya. Namun, dia memastikan The Young Lions tak gentar untuk bersaing melawan skuad Garuda Muda.

“Saya pikir Indonesia adalah negara sepak bola. Saya yakin, para pendukungnya akan hadir ke stadion untuk mendukung Timnas Indonesia U-16,” ujar Angel Toledano Flores.

“Selain itu juga, Timnas Indonesia U-16 merupakan tim yang kuat. Saya menghormati kuatnya kultur sepak bola di Indonesia, dan saya akan mencoba untuk bersaing sebaik mungkin,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Laga Perdana

Pertandingan perdana Piala AFF U-16 2024 akan dibuka dengan pertempuran empat peserta Grup A. Laga pertama mempertemukan Laos vs Filipina di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) pukul 15.00 WIB.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-16 akan menjajal kekuatan Singapura di lokasi yang sama. Duel kedua Grup A ini menurut jadwal bakal melakukan sepak mula pada pukul 19.30 WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer