Sukses


Piala AFF U-16 2024: Coret Dua Pemain Diaspora Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto Angkat Bicara

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, angkat bicara soal keputusannya menyusun daftar 23 pemain utama yang bakal diterjunkan untuk menghadapi ajang Piala AFF U-16 2024.

Berdasarkan daftar 23 nama pemain yang dirilis pada Rabu (19/6/2024) itu, Nova Arianto akhirnya mencoret sejumlah pemain diaspora yang sempat berlatih bersama Timnas Indonesia U-16 selama beberapa bulan terakhir.

Dua nama pemain diaspora terbaru yang harus gigit jari karena tak bisa berlaga di Piala AFF U-16 2024 ialah Diego Sinathrya dan Matthew Kohnke. Padahal, keduanya telah bertahan hingga tahap terakhir TC di Solo.

Praktis, hanya ada dua pemain diaspora saja yang sukses bertahan, yakni Matthew Baker dan Lucas Raphael Lee. Matthew merupakan pemain asal Melbourne City (Australia), sedangkan Lee berasal dari De Anza Force (Amerika Serikat).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Komposisi Final

Nova Arianto menegaskan, komposisi pemain yang dibentuk jajaran tim pelatih Timnas Indonesia U-16 ini sudah final. Dia mengatakan, mereka merupakan pilihan terbaik yang bisa diambil untuk Piala AFF U-16 2024.

Menurut pelatih berusia 44 tahun itu, tim pelatih mempertimbangkan kesiapan pemain untuk menghadapi turnamen ini. Dia berharap, pemain pilihannya ini bisa memberikan penampilan maksimal.

“Komposisi pemain sudah final dan sudah cukup siap untuk pertandingan besok. Harapannya, semua pemain yang akan diturunkan besok bisa tampil maksimal untuk hasil terbaik,” kata Nova kepada awak media, Kamis (20/6/2024).

3 dari 4 halaman

Adaptasi Lancar

Nova juga mengakui, dua pemain diaspora pilihannya, Mathew Baker dan Lucas Lee, sudah memperlihatkan adaptasi yang baik dengan cuaca dan iklim Indonesia. Hal itu terlihat selama mereka mengikuti TC di Yogyakarta dan Solo.

Selain itu, proses adaptasi dengan para pemain Timnas Indonesia U-16 lainnya juga tak mengalami persoalan. Nova yakin dua amunisinya ini bisa melebur dengan baik pada Piala AFF U-16 2024.

“Adaptasi tidak ada masalah. Karena, sekali lagi Baker dan Lucas sudah mengikuti TC kami di Yogyakarta dan jadi adaptasi dengan cuaca dan teman-temannya. Saya kira tidak ada masalah,” ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Laga Perdana

Pertandingan perdana Piala AFF U-16 2024 akan dibuka dengan pertempuran empat peserta Grup A. Laga pertama mempertemukan Laos vs Filipina di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) pukul 15.00 WIB.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-16 akan menjajal kekuatan Singapura di lokasi yang sama. Menurut jadwal, pertandingan kedua Grup A ini bakal melakukan sepak mula pada pukul 19.30 WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer