Sukses


Erick Thohir: PT LIB Masukan Klausul Kontrak Pelatih Liga 1 Harus Lepas Pemain ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa setiap pelatih Liga 1 2024/2025 harus melepas pemainnya ke Timnas Indonesia.

Erick Thohir mendapatkan laporan dari Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, bahwa kriteria itu bakal masuk dalam klausul kontrak pelatih Liga 1 musim depan.

"Pak Ferry Paulus dalam aturan kompetisinya, menerapkan semua pelatih klub di Indonesia tidak boleh terjebak oleh match fixing," ujar Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2024).

"Selain itu, juga menjadi bagian dari kontrak pelatih kalau Timnas Indonesia meminta pemain, harus melepas," ucap pria yang juga Menteri BUMN RI tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Polemik Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia

Erick Thohir yakin polemik pemanggilan pemain kompetisi domestik ke Timnas Indonesia tidak akan terjadi. Sebab, jadwal Liga 1 sudah disinkronisasikan hingga tiga musim depan.

Sementara itu, Ferry Paulus menjelaskan bahwa aturan itu dibuat berkaca dari kejadian pada musim lalu.

Polemik pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia kerap terjadi karena agendanya bersamaan dengan jadwal Liga 1, misalnya komplain dari pelatih Persija pada musim lalu, Thomas Doll.

"Sebenarnya itu bagian dari keharusan, lebih tepatnya tambahan verifikasi kepada pelatih-pelatih yang akan dikontrak oleh klub," ungkap Ferry Paulus.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Ferry Paulus

"Pada musim lalu kan gonjang-ganjingnya, pelatih tidak mau melepas pemain ke Timnas Indonesia karena tidak sesuai dengan aturan atau sebagainya," terang Ferry Paulus.

"Makanya kami tetapkan dulu jadwalnya. Jadwalnya sudah bagus sampai 2027. Pelatih juga sudah tahu. Kalau sudah jadwal seperti ini, jangan juga ngotot-ngotot, misalnya ketentuan pemanggilan pemain hanya di FIFA Matchday."

"Oleh karena itu, klub juga harus bisa memastikan bahwa pelatih-pelatih ini akan mematuhi seperti apa yang kami buat jadwal selama tiga musim ke depan," ucap mantan bos Persija Jakarta ini.

4 dari 4 halaman

Liga 1 Libur saat SEA Games 2025

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah sepakat untuk meliburkan Liga 1 ketika SEA Games 2025 Thailand, tapi jalan terus saat Piala AFF 2024.

PSSI dan PT LIB baru saja memfinalisasi jadwal Liga 1 selama tiga musim ke depan supaya tidak bentrok dengan agenda Timnas Indonesia.

SEA Games 2025 akan digelar pada 7-19 Desember 2025, dan tidak bakal mempengaruhi jadwal Liga 1 2024/2025 yang kemungkinan berakhir pada Mei tahun depan.

Sementara, Piala AFF 2024 bakal berlangsung pada 23 November-21 Desember 2024. Timnas Indonesia masuk Grup B bersama Timnas Vietnam, Timnas Filipina, Timnas Myanmar, dan Timnas Laos.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer