Sukses


Piala AFF U-16 2024: Menanti Debut Nova Arianto di Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Solo - Nova Arianto akan melakoni debutnya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024. Tim Garuda Muda akan berjumpa Timnas Singapura U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024) malam WIB.

Sosok berusia 44 tahun itu cukup lama jadi bagian dari staf kepelatihan Timnas Indonesia. Nova Arianto terhitung lebih dari empat tahun bekerja sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong.

Sebagai tangan kanan pelatih asal Korea Selatan itu, menarik dinantikan bagaimana sistem yang diterapkan Nova di Timnas Indonesia U-16. Saat menjalani pemusatan latihan beberapa waktu lalu di Yogyakarta, ada dua skema yang tengah digodok yakni, 4-4-2 dan 4-3-3.

Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia kerap menerapkan formasi tiga bek, setidaknya saat melawan tim kuat. Pendahulu Nova, Bima Sakti, diketahui tetap mengimplementasikan formasi 4-3-3 di Timnas Indonesia U-16.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pakai Skema Apa?

Formasi tersebut merupakan pakem dasar yang diajarkan di filosofi sepak bola Indonesia atau filanesia.

Soal skema yang bakal digunakan pada Piala AFF U-16 edisi kali ini, Nova Arianto memberikan komentarnya.

"Kalau itu taktikal, kalau saya buka di sini nanti sabelah saya tahu semua. Jadi mungkin nanti di pertandingan apa yang akan kita lakukan (baru diketahui)," jelas Nova Arianto.

Timnas Indonesia U-16 diperkuat dua pemain abroad. Mereka adalah Matthew Sitorus Baker dan Lucas Raphael Lee. Keduanya masuk dalam daftar 23 nama yang disertakan Nova Arianto di Piala AFF U-16 2024.

 

3 dari 5 halaman

Punya Peluang Sama

Matt Baker dididik akademi Melbourne City yang satu segrup dengan klub induk di City Football Group, Manchester City. Adapun Raphael Lee kini memperkuat De Anza Force Soccer Club U-16 yang bermain di MLS Next U-16 Amerika Serikat.

Nova Arianto mengungkap dua pemain diaspora tersebut dalam kondisi baik. Lantas, bagaimana peluang bermain Baker dan Lucas pada laga nanti?

"Keduanya punya peluang dan kesempatan yang sama dan kita lihat siapa yang siap diturunkan," ucap Nova Arianto.

"Adaptasi tidak masalah, Baker dan Lucas sudah ikut dari training camp Jogja. Jadi secara adaptasi dengan cuaca dan teman-temannya saya kira tidak ada masalah," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Motivasi

Tim Merah-Putih menyandang status sebagai juara bertahan di Piala AFF U-16. Dua tahun lalu, pasukan Garuda Muda mengangkat trofi setelah menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman (12/8/2022).

"Kita tahu Indonesia di edisi sebelumnya adalah juara bertahan, tapi itu tidak menjadi beban, melainkan motivasi," kata Nova Arianto.

"Karena AFF akan menjadi persiapan bagi kita untuk Kualifikasi AFC. Harapannya pemain bisa tampil maksimal dan meraih hasil terbaik," tandasnya.

Piala AFF U-16 2024 digelar di Solo mulai 21 Juni hingga 4 Juli 2024. Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari dipersiapkan sebagai venue turnamen dengan nama resmi 2024 ASEAN U-16 Boys Championship itu.

5 dari 5 halaman

Klasemen, Jadwal, dan Hasil Grup A

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Timnas Indonesia U-16            
2  Timnas Singapura            
3  Timnas Laos            
4  Timnas Filipina             

Jadwal Pertandingan:

Jumat, 21 Juni 2024

  • 19.30 WIB Indonesia vs Singapura (Stadion Manahan)
  • 15.00 WIB Laos vs Filipina (Stadion Manahan)

Senin, 24 Juni 2024

  • 15.00 WIB Singapura vs Laos (Stadion Manahan)
  • 19.30 WIB Filipina vs Indonesia (Stadion Manahan)

Kamis, 27 Juni 2024

  • 19.30 WIB Indonesia vs Laos (Stadion Manahan)
  • 19.30 WIB Filipina vs Singapura (Stadion Sriwedari)

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer