Sukses


Telinga Sumardji Panas Dengar Tuduhan Pemain Titipan di Timnas Indonesia: PSSI Masa Kini Jangan Diulang Lagi Seperti Dulu-Dulu

Bola.com, Jakarta - Telinga Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, panas mendengar tuduhan pemain titipan di Timnas Indonesia. Pria yang juga menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ini membantah adanya praktik itu.

Belakangan, beredar narasi pemain titipan di timnas U-16 yang mengarah kepada Fardan Ary Setyawan, putra dari anggota Exco PSSI, Eko Setyawan.

Fardan Ary Setyawan memang mempunyai rekam jejak yang mengilap di turnamen level usia, namun nyatanya tidak lolos ke skuad akhir timnas U-16 untuk Piala AFF U-16 2024.

"Terkait pemilihan pemain Timnas Indonesia yang selama ini banyak dipertanyakan, ada suara-suara sumbang, titipan, dan sebagainya," ujar Sumardji.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ungkapan Sumardji

"Perlu saya sampaikan bahwa pemilihan pemain untuk Timnas Indonesia itu sudah melalui proses yang cukup panjang dan itu mendasari penilaian dari tim baik pelatih dan asistennya," jelas Sumardji.

"Sehingga apapun yang diputuskan oleh tim pelatih itu adalah proses yang betul-betul alami dan tidak ada unsur titip-menitip. Saya sampaikan kepada teman-teman semua."

"Sebab, jujur saja, telinga saya juga panas kalau selama ini masih dikait-kaitkan. Ini PSSI masa kini, jangan diulang-ulang lagi seperti dulu-dulu. Sudah tidak ada lagi seperti itu," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Dijamin 1000 Persen

Sumardji mengatakan bahwa Ketua PSSI, Erick Thohir, berkomitmen untuk mencegah pemain titipan di Timnas Indonesia dan juga telah memberikan perintah kepadanya untuk mencegah kemungkinan itu.

"Saya menjamin 1000 persen tidak ada. Contoh seperti 23 pemain timnas U-16 yang sudah dirilis. Saya cek masing-masing 23 pemain itu. Ini dari SSB mana? Lantas apakah ini ada kaitannya?" ucap Sumardji.

4 dari 4 halaman

Berdasarkan Penilaian Pelatih

"Sebelum hal itu terjadi, maka di samping performa, kualitas dari para pemain yang dipilih itu adalah sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing posisi. Saya pun mencari cara agar supaya adil," terang Sumardji.

"Saya yakinkan kepada teman-teman semua, pemain timnas U-16 itu didasari oleh penilaian pelatih dan para asistennya agar benar-benar fair. Jadi jangan ada lagi yang mengaitkan," katanya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer