Sukses


Piala AFF U-16 2024: Nova Arianto Beberkan Penyakit Timnas Indonesia U-16 meski Menang Telak atas Singapura

Bola.com, Surakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengakui bahwa penyakit akut anak asuhnya masih belum sembuh total saat menghadapi Singapura U-16 pada laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2024.

Sebab, Timnas Indonesia U-16 masih sering buang-buang peluang meskipun sukses menang 3-0 atas Singapura U-16 dalam duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/20240 malam WIB.

Menurut Nova, kebiasaan para pemain membuang peluang di depan gawang ini sudah menjadi catatan pelatih sejak lama. Bahkan, hal itu juga sering terlihat selama skuad Garuda Muda menggelar laga uji coba menuju Piala AFF U-16 2024.

“Kami memang memiliki banyak kesempatan dan peluang-peluang yang harusnya kami bisa maksimalkan untuk mencetak gol. Itu juga yang menjadi catatan kami selama ini, termasuk dalam laga uji coba,” kata Nova Arianto dalam sesi jumpa pers pascalaga, Jumat (21/6/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gara-Gara Tegang

Pada babak pertama, Timnas Indonesia U-16 sebetulnya memiliki banyak peluang untuk menciptakan keunggulan. Namun, mereka akhirnya baru bisa memecah kebuntuan lewat gol Muhammad Mierza pada menit ke-39.

Menurut juru taktik berusia 44 tahun itu, salah satu penyebab masalah ini ialah ketegangan para pemain. Di awal laga, skuad Garuda Muda memang masih grogi karena ini merupakan laga perdana.

“Saya pikir semua pemain sudah berusaha secara maksimal. Ya itulah, karena mereka baru pertama kali tampil di hadapan orang banyak dengan seragam tim nasional, ketegangan itu pasti ada,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Segera Diperbaiki

Nova memastikan, rendahnya konversi gol para pemain Timnas U-16 bakal menjadi catatan tim pelatih. Kelemahan ini akan diperbaiki di sesi latihan, sehingga tak kembali muncul pada laga-laga berikutnya.

“Namun, saya yakin untuk ke depannya para pemain bisa berproges agar ke depannya peluang-peluang itu bisa menjadi gol. Dan itu menjadi catatan kami,” ujar asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu.

“Kami akan berusaha memperbaikinya pada sesi latihan, sehingga di saat melawan Filipina U-16 nanti kami bisa lebih siap dan pemain-pemain kami bisa lebih banyak mencetak gol,” tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Persaingan Grup A

Timnas Indonesia U-16 mendapatkan pesaing ketat untuk memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-16 2024. Sebab, pada laga sebelumnya, Laos juga sukses menang 3-0 saat menghadapi Filipina.

Pada pertandingan berikutnya, anak asuh Nova Arianto akan menjajal kekuatan Filipina. Duel itu bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Video Populer

Foto Populer