Sukses


Nova Arianto Puji Kualitas The Next Pratama Arhan Milik Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, merasa senang dengan kemampuan lemparan jarak jauh Fabio Azka Irawan yang sukses membuahkan gol pada laga kontra Singapura dalam duel perdana Grup A Piala AFF U-16 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-16 sukses membuka keunggulan lewat tandukan Muhammad Mierza pada menit ke-39.

Menariknya, gol tersebut bermula dari lemparan jarak jauh pemain bernomor punggung 14, Fabio Azka Irawan. Lemparan jarak jauh pemain asal Persija Jakarta U-16 ini mengingatkan publik terhadap sosok Pratama Arhan di Timnas Indonesia.

Sebab, daya lontar lemparan ke dalam tersebut bisa menjangkau hingga kotak penalti. Bola pun sukses disambar oleh Muhammad Mierza yang sudah menunggu di depan gawang. Gol ini membuka keunggulan Timnas Indonesia U-16 atas Singapura.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cerita Penemuan Bakat

Nova Arianto pun menceritakan kisah di balik munculnya Fabio yang memiliki kemampuan khusus tersebut. Mulanya, tim pelatih melihat potensi besar yang dimiliki oleh pemain asal Kabupaten Tulang Bawang, Lampung itu.

Momen itu terjadi saat Nova melakukan pemantauan langsung pada pertandingan Elite Pro Academy (EPA) Persija Jakarta. Dari laga itu, bakat Fabio mulai terlacak oleh jajaran pelatih Timnas U-16.

“Memang Fabio ini kita dapatkan saat pertandingan EPA Persija Jakarta waktu itu di Sawangan. Dan kebetulan kami juga sudah melihat bahwa Fabio memiliki lemparan ke dalamnya yang jauh,” kata Nova Arianto, Jumat (22/6/2024).

“Setelah saya lihat, itu yang coba kami persiapkan sehingga kemampuan yang dimiliki Fabio bisa kami maksimalkan. Pada latihan H-1 pertandingan, kami berusaha memaksimalkan hal itu,” ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

The Next Pratama Arhan

Juru taktik berusia 44 tahun ini cukup senang mengingat kemampuan lemparan jarak jauh Fabio bisa membantu Timnas Indonesia u-16 memecah kebuntuan. Sebab, pada awal laga, timnya sempat kesulitan menjebol gawang lawan.

Nova Arianto berharap, Fabio bisa menjadi penerus Pratama Arhan yang telah menjadi bagian integral dari Timnas Indonesia U-16. Dia juga ingin pemainnya itu tak cepat puas agar bisa terus berkembang hingga level senior.

“Dan saya bersyukur pada pertandingan ini, gol pertama kami dicetak melalui lemparan jarak jauh Fabio. Harapannya kita bisa mendapatkan Arhan baru lagi untuk Timnas Indonesia dan semoga Fabio bisa terus berprogres,” kata Nova.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Grup A

Timnas Indonesia U-16 mendapatkan pesaing ketat untuk memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-16 2024. Sebab, pada laga sebelumnya, Laos juga sukses menang 3-0 saat menghadapi Filipina.

Pada pertandingan berikutnya, anak asuh Nova Arianto akan menjajal kekuatan Filipina. Duel itu bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer