Sukses


Erick Thohir: Shin Tae-yong Bagian Terpenting sebagai Kekuatan Membangun Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, menilai pencapaian Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir bukan karena kontribusi satu atau dua orang, tapi banyak pihak.

Sejak ditangani Shin Tae-yong pada 2020 dan gelombang pemain naturalisasi, Timnas Indonesia mengalami kemajuan. Terbaru, tim berjulukan Skuad Garuda itu lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Saya rasa kerja keras Timnas Indonesia bukan hanya seorang coach Shin Tae-yong. Bagaimana juga para pemain mati-matian dalam bermain," ujar Erick Thohir.

"Suporter juga, termasuk kita semua. Jadi jangan seakan-akan suksesnya suatu tim itu karena Erick Thohir, karena pemain," ucap pria yang juga Menteri BUMN itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tidak Menutup Mata

Khusus Shin Tae-yong, Erick Thohir menganggap arsitek asal Korea Selatan itu sebagai tokoh sentral dalam perkembangan Timnas Indonesia, yang mulai disegani di kawasan Asia.

"Ini bagian kerja sama. Tetapi, coach Shin Tae-yong adalah bagian terpenting yang tidak bisa saya tutup mata untuk menjadi suatu kekuatan membangun Timnas Indonesia," jelas Erick Thohir.

Timnas Indonesia menjalani progres positif selama ditangani Shin Tae-yong. Secara ranking FIFA, misalnya, tim berjulukan Skuad Garuda itu sempat menempati peringkat ke-173 per Februari 2020.

3 dari 3 halaman

Kontrak Tinggal Beberapa Hari Lagi Berakhir

Dalam waktu empat setengah tahun, dipotong masa pandemi COVID-19 selama kurang lebih dua tahun, Timnas Indonesia terus merangkak di ranking FIFA dengan menduduki posisi ke-134 pada Juni 2024.

Shin Tae-yong telah memimpin Timnas Indonesia dalam 47 partai. Hasilnya, Skuad Garuda memperoleh 24 kemenangan, sepuluh seri, dan 13 kali kalah.

Namun, kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan berakhir pada 30 Juni 2024. Pria berusia 53 tahun itu belum menandatangani tawaran perpanjangan dari PSSI untuk tiga tahun ke depan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer