Sukses


Mengulas Formasi Pilihan Nova Arianto untuk Timnas Indonesia U-16: Terinspirasi Shin Tae-yong?

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, telah merumuskan sejumlah formasi dasar yang akan digunakan para pemainnya selama mengarungi kejuaraan Piala AFF U-16 2024.

Nova Arianto mengatakan, sejak awal masa persiapan menuju Piala AFF U-16 2024, pihaknya telah menyiapkan dua formasi utama untuk Timnas Indonesia U-16. Kedua formasi itu yakni 4-4-2 dan 3-4-3.

“Mengenai formasi, pada masa awal melakukan persiapan bersama Timnas Indonesia U-16, kami telah menyiapkan dua formasi, yakni ada 4-4-2 dan 3-4-3,” kata Nova Arianto, Jumat (21/6/2024).

Sebagai informasi, dua formasi ini sebelumnya juga sudah sering digunakan oleh Shin Tae-yong di berbagai kelompok. Struktur 4-4-2 pernah diterapkan di Timnas U-19, sedangkan 3-4-3 kini sering dipakai Timnas U-23 maupun senior.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sesuai Kebutuhan

Nova Arianto mengatakan, dua format ini bakal digunakan sesuai dengan kebutuhan di atas lapangan. Pada laga pertama Grup A melawan Singapura U-16, skuad Garuda Muda sempat menggunakan 4-4-2.

Namun, tim pelatih melihat formasi ini belum maksimal, sehingga dilakukan perubahan untuk mengatasi masalah tersebut. Nova pun cukup senang para pemainnya bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan ini.

“Dan memang situasinya kami akan selalu melihat di pertandingan. Pada babak pertama kita bisa melihat Singapura bisa menyerang melalui bola-bola atas, termasuk bola switch dari kiri ke kanan,” ujar Nova.

“Oleh karena itu, kami coba kami antisipasi dengan melakukan perubahan formasi. Saya bersyukur para pemain bisa lebih cepat beradaptasi dengan formasi yang baru,” ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Formasi 4-4-2

Sejak sepak mula, struktur permainan Timnas Indonesia U-16 menggunakan pakem 4-4-2. Di sektor pertahanan, Fabio Azka Irawan bermain sebagai bek kanan, sedangkan Mathew Baker mengisi pos bek kiri.

Keduanya menemani duet I Putu Panji Apriawan dan Raihan Apriansyah yang menjadi palang pintu di jantung pertahanan. Kemudian, dua nama yang beroperasi sebagai gelandang ialah Evandra Florasta dan Nazriel Alfaro.

Sementara itu, Muhammad Zahaby Gholy dan Daniel Alfredo beroperasi di sektor sayap untuk menopang dua pemain yang mengisi lini serang, yaitu Fadly Alberto Hengga dan Muhammad Mierza.

4 dari 4 halaman

Formasi 3-4-3

Sementara itu, pakem 3-4-3 atau menggunakan tiga bek sejajar juga sempat diperlihatkan Timnas Indonesia U-16 pada babak kedua. Skema ini memang membuat skuad Garuda Muda lebih kokoh di pertahanan.

Shin Tae-yong biasanya menggunakan format ini apabila menghadapi lawan yang lebih superior. Namun, layak dinantikan formasi yang bakal digunakan Nova Arianto saat menghadapi lawan yang tangguh di Piala AFF U-16 2024 ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer