Sukses


Indra Sjafri Bakal Panggil 33 Pemain ke TC Timnas Indonesia U-20, Termasuk 6 Pemain Diaspora

Bola.com, Gianyar - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, mengungkapkan timnya sudah akan memasuki tahapan pemusatan latihan lanjutan.

Rencananya, pemusatan latihan akan digelar kembali pada Minggu (23/6/2024) di Jakarta. PSSI akan memanggil 33 pemain.

Nama-nama pemain belum diumumkan, namun kemungkinan besar pemain yang ikut dalam turnamen Maurice Revello Cup, Prancis beberapa waktu lalu.

Termasuk pemain Bali United, Kadek Arel Priyatna dan enam pemain keturunan. Mereka adalah Jens Raven, Xavi Wouldstra, Mauresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, dan Sacha Deighton.

Rencananya pemusatan latihan di Jakarta akan berlangsung hingga 10 Juli. Setelah itu, skuad Garuda Muda akan bertolak ke Surabaya untuk menggelar pemusatan latihan lanjutan hingga AFF U-19 2024 digelar mulai 17-29 Juli.

"Rencananya di Jakarta kami akan menggelar tiga kali uji coba dan dua kali di Surabaya. Calon lawan uji coba nanti akan diumumkan," jelas Indra Sjafri kepada Bola.com di Bali, Sabtu (22/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Evaluasi

Evaluasi pasca Maurice Revello Cup di Prancis pun sudah dilakukan Indra Sjafri. Meskipun tidak mengemas kemenangan, Indra Sjafri ingin melihat sejauh mana perkembangan anak asuhnya, termasuk enam pemain keturunan yang dipanggil.

"Sesuai tujuan awal, kami melihat bagaimana kualitas kami dan melihat kualitas tim-tim lain di dunia," bebernya.

"Saya juga melihat bagaimana tren sepak bola di dunia sekarang dengan more pressing, saya sebagai direktur teknik berpikir apakah filosofi possession progresif dengan tren sepak bola masa kini harus kita upgrade," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Pemain Keturunan

Indra juga ingin melihat bagaimana perkembangan enam pemain keturunan. Apakah layak masuk ke skuad Timnas U-19 di AFF U-19 atau tidak. Apalagi ajang ini menjadi awal untuk kualifikasi Piala Asia U-20 pada September.

Kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah saat kualifikasi nanti. Namun mantan Pelatih Bali United tersebut enggan merinci evaluasi apa yang diberikan kepada 6 pemain keturunan tersebut.

"Dengan adanya pertandingan kemarin, saya bisa menilai kualitas dan perkembangan mereka seperti apa. Saya juga persilakan suporter yang menilainya," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Proses WNI

Selain Jens, lima pemain tersebut belum masuk dalam proses menjadi WNI. Saat ini menurutnya proses kelima pemain tersebut sedang berjalan.

Soal target dan kans di Piala AFF U-19, Indra Sjafri tampaknya ingin mengukir sejarah. Ingin merasakan juara kedua kalinya bersama Timnas U-19.

Sebelumnya pernah terjadi saat era Evan Dimas dkk pada 2013 lalu. Selain itu Timnas U-19 kali ini menjadi ketiga kalinya untuk pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

"AFF ini juga untuk persiapan kualifikasi Piala Asia U-20. Perlu moral dari pemain yang bagus. Kami inginkan hasil terbaik di AFF dan saya memohon dukungan suporter. Ini adalah Timnas U-19 ketiga yang saya tangani. Sebelumnya era Evan Dimas saya juara, di era Egy Maulana Fikri kami mencapai 8 besar Piala Asia dan hampir lolos Piala Dunia. Saya ingin di era sekarang bisa berprestasi juga," tutupnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer