Sukses


Piala AFF U-16 2024: Hadapi Filipina, Nova Arianto Buka Peluang Ubah Formasi dan Komposisi Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, tak menutup kemungkinan bakal mengubah formasi dan daftar susunan pemain yang diturunkan saat menghadapi Filipina pada lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2024.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia U-16 melawan Filipina pada laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2024 ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) pukul 19.30 malam WIB.

Nova Arianto menjelaskan, pemainnya dalam kondisi baik menjelang duel ini. Dia akan terus memantau perkembangan anak asuhnya sebelum menentukan formasi maupun daftar pemain yang mengisi starting eleven.

“Kondisi pemain semuanya dalam keadaan baik ya. Mereka siap diturunkan untuk laga esok. Mereka siap diturunkan untuk laga besok,” kata Nova Arianto saat ditemui di Stadion UNS, Solo, Minggu (23/6/2024).

“Jadi, kami akan melihat formasi apa yang akan kami pakai dan siapa yang bakal masuk dalam daftar starting eleven Timnas Indonesia U-16 untuk pertandingan besok,” tambahnya. 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Masih Harus Berbenah

Nova menjelaskan, sesi latihan terakhir ini tak hanya dilakukan untuk mematangkan taktik menjelang laga kontra Filipina. Sebab, masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, terutama penyelesaian akhir.

Pada laga melawan Singapura, skuad Garuda Muda setidaknya mampu melepaskan lima tembakan tepat sasaran dari 10 percobaan. Namun, hanya ada tiga yang mampu dikonversi menjadi gol.

“Yang perlu ditingkatkan pertama adalah masalah finishing. Kedua, efisiensi. Pemain sepak bola itu harus efisien, kapan harus dribbling, kapan harus passing,” kata pelatih asal Semarang, Jawa Tengah itu.

“Hal itu yang menurut saya masih kurang dari pemain. Itulah yang saya harapkan dari pemain agar bisa lebih berprogres agar ke depannya bisa tampil lebih baik lagi,” imbuhnya.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Perubahan Formasi

Juru taktik berusia 44 tahun itu juga tak menutup kemungkinan untuk melakukan perubahan formasi saat menghadapi Timnas Filipina U-16. Namun, perubahan ini akan diputuskan sehari menjelang pertandingan.

“Untuk perubahan formasi, saya akan melihat besok, kalau saya bicara sekarang nanti lawan bisa tahu. Kemungkinan ada perubahan formasi,” ujar asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu.

Meraih poin penuh saat menghadapi Filipina U-16 jelas menjadi misi harga mati bagi Timnas Indonesia U-16. Sebab, hasil maksimal diperlukan untuk menjaga posisinya tetap aman dalam bersaing di Grup A.

Skuad Garuda Muda harus mampu mengamankan tiga poin pada laga kedua ini. Pasalnya, ini menjadi modal berharga sebelum Muhammad Mierza dan kawan-kawan menghadapi Laos pada laga penentuan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer