Sukses


Dilepas Klub Belanda, Thom Haye Ternyata Sempat Menarik Minat Como

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, akan berstatus tanpa klub akhir bulan ini. Hal itu lantaran SC Heerenveen tidak memberikan perpanjangan kontrak untuk pemain berusia 29 tahun itu.

Jurnalis Belanda, Sander Janssen, mengungkapkan bahwa Thom Haye sebenarnya sempat diminati oleh Como, klub Italia yang sebagian sahamnya dimiliki pengusaha Indonesia. Momen itu terjadi di bursa transfer musim dingin pada Januari 2024 saat Como masih berkiprah di Serie B 2023/2024.

Janssen menyebutkan bahwa Como tertarik merekrut Thom Haye, tetapi Heerenveen tidak mau melepas. Kini, status tanpa klub membuat Thom Haye seharusnya bisa bergabung Como tanpa biaya transfer.

“Dia tidak bisa dimengerti, keputusan SC Heerenveen, yang memiliki julukan Frisians, untuk tidak membiarkannya pergi pada musim dingin. Thom Haye sudah tertarik untuk kembali ke Italia, setelah sebelumnya di Lecce,” kata Janssen seperti dikutip Feanonline.nl.

“Como ingin mengambil alih gelandang tersebut dari Heerenveen, tetapi Frisians memutuskan untuk mempertahankan kontrak Haye dan membebaskan biaya transfer," lanjutnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bisa Gabung Como

Como adalah klub runner-up Serie B Italia 2023/2024, yang pada musim depan bermain di Serie A. Como kebetulan merupakan klub yang sahamnya dimiliki keluarga Hartono selaku pengusaha asal Indonesia.

Sampai sejauh ini, belum ada keterangan resmi soal kemungkinan Thom Haye bergabung Como. Hanya saja, masih ada kans juga bagi pemilik empat caps bersama Timnas Indonesia itu akan melanjutkan karier di belanda.

“Gelandang berusia 29 tahun itu meninggalkan Stadion Abe Lenstra dengan status bebas transfer setelah dua setengah tahun,” ujar Janssen lagi.

“Dia ingin melakukan hal itu enam bulan sebelumnya, tapi klub menghentikannya. Haye lebih memilih berpetualang di luar negeri, tapi siapa tahu, dia mungkin akan muncul lagi di suatu tempat di Belanda,” lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Kiprah Thom Haye

Thom Haye merupakan pemain yang berpengalaman berkarier di Belanda dan Italia. Dia sempat lima musim berkiprah di Eredivisie, kasta tertinggi Belanda, bersama dua klub, yakni AZ Alkmaar (2013-2016) dan Willem II (2016-2018).

Setelah itu, Haye memutuskan hijrah ke Italia dengan bergabung Lecce yang berkompetisi di Serie B 2018-2019. Hanya semusim di kasta kedua, Haye membawa Lecce promosi dan akhirnya berkiprah di Serie A 2019-2020.

Setelah itu, dia kembali ke Belanda dengan membela sejumlah klub, yaitu ADO Den Haag dan NAC Breda. Pertengahan Eredivisie 2021-2022, Thom Haye pindah ke Heerenveen dan membukukan tujuh gol dalam 86 penampilan selama 2,5 musim di sana.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer