Sukses


Nova Arianto Ungkap Alasan Rombak Komposisi Starter Timnas Indonesia U-16: Persiapan Jangka Panjang Nih!

Bola.com, Surakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengungkapkan alasan di balik berubahnya komposisi starting eleven alias sebelas pemain pertama saat menghadapi Filipina pada lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2024.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) malam WIB itu, setidaknya ada tujuh pemain baru yang mengisi daftar sebelas pemain pertama Timnas Indonesia U-16.

Nova Arianto tercatat hanya menyisakan empat pemain saja untuk mengisi starter. Mereka adalah Nur Ichsan (kiper), I Putu Panji (bek), Evandra Florasta (gelandang), dan Fadly Alberto Hengga (depan).

Sementara itu, tujuh nama lainnya merupakan nama-nama pemain yang sebelumnya tak turun sebagai starter. Bahkan, beberapa di antaranya belum sempat merasakan menit bermain pada laga perdana Grup A.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Alasan Pelatih

Nova Arianto menjelaskan, perombakan komposisi pemain ini sebetulnya sudah dirancang sejak laga pertama. Sebab, tim pelatih ingin memberikan kesempatan bermain bagi seluruh penggawa Timnas Indonesia U-16.

Hal ini karena Timnas U-16 dipersiapkan untuk menghadapi ajang yang lebih besar, yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Skuad Garuda Muda tergabung di Grup G bersama Australia, Kepulauan Mariana Utara, dan Kuwait.

“Jadi memang itu sudah kami rencanakan dari awal setelah menghadapi Singapura. Memang kami ingin mencoba semua pemain di Timnas Indonesia U-16 ,” kata Nova dalam sesi konferensi pers pascapertandingan, Senin (24/6/2024).

“Karena, sekali lagi, tujuan kami adalah mempersiapkan tim menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Jadi, untuk menuju ke sana, kami harus mencari pemain-pemain. Siapa saja yang bisa dibawa ke sana, siapa yang enggak,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Uji Kualitas Pemain

Menurut juru taktik berusia 44 tahun ini, kesempatan ini diberikan untuk melihat sejauh mana kualitas para pemain Timnas Indonesia U-16. Ajang Piala AFF U-16 2024 ini jadi momen untuk menguji kapasitas mereka.

Hasilnya, Nova cukup senang dengan penampilan para pemainnya. Mereka mampu memberikan kemampuan terbaiknya meski masih ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki untuk laga berikutnya.

“Oleh karena itu, kalau kami tidak mencoba mereka di pertandingan, kami tidak bisa tahu kualitas pemain tersebut. Jadi, di satu sisi, kami mencari pemain yang siap untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2025,” ujarnya.

“Selain itu, kami juga harus memberikan pengalaman bertanding kepada semua pemain Timnas Indonesia U-16. Dan bersyukurnya, semuanya bisa memberikan yang maksimal. Walaupun ada beberapa kekurangan, saya yakin mereka bisa lebih baik lagi,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Ukir Kemenangan

Timnas Indonesia U-16 sukses mengukir kemenangan tiga gol tanpa balas saat menghadapi Filipina U-16 lewat gol yang disumbangkan Evandra Florasta (65') dan Muhammad Mierza (71' dan 90').

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 sukses mengambil alih puncak klasemen sementara Grup A. Skuad Garuda Muda mendulang enam poin hasil dari dua kemenangan di fase penyisihan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer