Sukses


Komentar Gokil Pelatih Filipina Setelah Keok: Terima Kasih Timnas Indonesia U-16 atas Permainan Sepak Bola Tingkat Tingginya!

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Filipina U-16, Yuki Matsuda memberikan komentar bernada apresiatif setelah timnya takluk dari Timnas Indonesia U-16 pada mathday kedua Grup A Piala AFF U-16 2024. Apa katanya?

"Terima kasih telah memberikan kami kesempatan yang sangat bagus untuk memainkan sepak bola tingkat tinggi melawan Indonesia," ujar Yuki Matsuda seusai laga.

"Dan para pemain saya, Anda tahu, masih berusia 15 tahun, 14 tahun, selisih satu tahun dari tim Indonesia terbanyak selama ini," sambungnya.

Skuad Muda The Azkals itu harus bertekuk lutut di hadapan tuan rumah Timnas Indonesia U-16. Mereka kalah tiga gol tanpa balas di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (24/6/2024) malam WIB.

Tiga gol kemenangan skuad Garuda Muda tercipta di babak kedua. Masing-masing dilesakkan oleh Evandra Florasta pada menit ke-65 serta brace Mochamad Mierza Firjatullah (71' dan 90+1').

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masih Membangun Tim

Arsitek berusia 38 tahun itu mengakui Timnas Indonesia U-16 memiliki level dan kekuatan jauh lebih baik ketimbang timnya. Garuda Muda dihuni sederet pemain muda bekualitas.

Sementara Filipina U-16, kata Yuki Matsuda, masih dalam tahap membangun skuad yang solid. "Jadi kami masih membangun tim, produk kami juga hanya mementingkan mental, intensitas, tapi saya melihat para pemain sudah menolak permainan ini setelah menyelesaikan pertandingan," katanya.

"Tapi kami bisa meningkatkannya dan juga saya ingin menghormati pemain Indonesia, tim dan para pelatih," lanjut mantan pelatih akademi Evergrande FC medio 2023-2024 tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Faktor Kekalahan

Filipina U-16 mampu menahan imbang Garuda Muda pada babak pertama. Meski terus menerus dibombardir serangan, mereka bisa mengimbangi. Namun, pada paruh kedua konsentrasi The Azkals buyar dan kebobolan tiga gol sekaligus.

Soal itu, Yuki Matsuda memberikan pandangannya. Pelatih yang sempat menangani Cerezo Osaka U-18 itu mengatakan faktor utama penyebab timnya menelan kekalahan lantaran Timnas Indonesia U-16 melakukan perubahan komposisi pemain selepas jeda turun minum.

"Menurut saya tujuh pemain sudah diubah dari babak pertama di tim Indonesia. Itu poinnya. Dan saya lihat apa yang terjadi dari babak kedua," ulas Yuki Matsuda.

"Jadi mereka akan mengubahnya, mereka mengubah alur permainan. Maksudku jalan yang baik untuk Indonesia, yaitu struktur yang kuat dari tim Indonesia," pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Masih Tanpa Poin

Kekalahan ini membuat Filipina U-16 tak beranjak dari dasar klasemen Grup A dengan nol poin. Sementara puncak klasemen ditempati Garuda Muda dengan nilai enam. Timnas Indonesia U-16 mengantongi angka sama dengan Laos U-16 yang membuntuti di urutan kedua.

Sebelumnya, Laos U-16 menang dramatis melawan Singapura U-16 dengan skor 2-1. Sementara posisi keempat dihuni Singapura U-16 serta Filipina U-16 dengan nol poin.

Selanjutnya, Filipina U-16 akan bersua Singapura U-16 pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala Asia U-16 2024. Duel kedua tim tersaji di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (27/6/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer