Sukses


Nama Shin Tae-yong Disebut Setelah Korea Selatan Terlalu Lama Mencari Pelatih Asing

Bola.com, Seoul - Mantan Presiden Asosiasi Pelatih Sepak Bola Korea Selatan, Seol Dong-sik, menyinggung Shin Tae-yong setelah Timnas Korea Selatan terlalu lama mencari pelatih asing.

Korea Selatan masih dipimpin Kim Do-hoon sebagai caretaker sejak memecat Jurgen Klinsmann pada Februari 2024.

Sementara, kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan habis pada 30 Juni 2024 meski PSSI telah memberikan perpanjangan kerja sama hingga tiga tahun ke depan.

Seol Dong-sik kecewa karena Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) memprioritaskan memburu pelatih asing, alih-alih arsitek lokal yang juga mempunyai kualitas.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Laris Manis di ASEAN

Padahal, pelatih Korea Selatan laris-manis di Asia Tenggara (ASEAN) seperti Shin Tae-yong, Park Hang-seo dengan Timnas Vietnam pada 2017-2023, Kim Pan-gon bersama Timnas Malaysia sejak 2023, dan Kim Sang-sik yang menangani Vietnam mulai tahun ini.

"Sangat disayangkan bahwa pelatih domestik kita tidak mendapatkan perhatian dalam proses pemilihan pelatih Korea Selatan," ujar Seol Dong-sik dinukil dari media Korea Selatan, Yonhap.

"Di Asia Tenggara, mereka berlomba-lomba untuk membawa pelatih kita," tutur Seol Dong-sik merujuk Shin Tae-yong dkk. yang pernah dan sedang melatih di ASEAN.

3 dari 3 halaman

2 Kandidat

"Pemain muda yang bermain di Eropa juga menerima pendidikan dari pelatih Korea Selatan selama masa sekolah mereka dan kemudian maju ke panggung internasional untuk menjadi pemain kelas dunia," ungkap Seol Dong-sik.

"Berapa lama lagi kita akan terus mencari pelatih Korea Selatan di seluruh dunia?" Saya ingin tahu mengapa pelatih kita tidak mendapatkan perhatian dalam proses pemilihan pelatih timnas. Mengapa mereka harus berada di urutan ke-6 atau ke-7?" jelasnya.

Yonhap mendeskripsikan dua pelatih yang menjadi kandidat kuat untuk memimpin Son Heung-min dkk. Keduanya adalah Kim Do-hoon dan nakhoda Ulsan HD, Hong Myung-bo.

Sumber: Yonhap

Video Populer

Foto Populer