Sukses


Pesona Lucas Raphael Lee, Pemain Diaspora Timnas Indonesia U-16 yang Debut Lawan Filipina di Piala AFF U-16 2024: Mainnya Lincah

Bola.com, Jakarta - Salah satu pemain diaspora Timnas Indonesia U-16, Lucas Raphael Lee akhirnya menjalani debut di Piala AFF U-16 2024. Pemain berposisi gelandang itu diturunkan sejak menit awal dalam duel kontra Timnas Filipina U-16.

Tim berjulukan Garuda Muda itu sukses mengunci kemenangan di Stadion Manahan, Kota Solo, Senin (24/6/2024) malam WIB. Timnas Indonesia U-16 menghajar Filipina U-16 dengan skor 3-0.

Tiga gol skuad Merah-Putih tercipta di babak kedua. Masing-masing dilesakkan oleh Evandra Florasta pada menit ke-65 serta brace Mochamad Mierza Firjatullah (71' dan 90+1').

Tambahan tiga poin membuat Timnas Indonesia U-16 kokoh di puncak klasemen sementara dengan nilai enam. Garuda Muda mengantongi angka sama dengan Laos U-16 yang membuntuti di urutan kedua.

Sementara posisi ketiga dan keempat dihuni Singapura U-16 serta Filipina U-16 dengan nol poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Tampil Penuh

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto melakukan rotasi. Lebih dari separo pemain diganti pada laga ini. Sayangnya, perubahan itu tidak berjalan begitu baik lantaran Garuda Muda kepayahan mencetak gol pada paruh pertama.

Rotasi sejatinya penting dilakukan. Selain memberikan menit bermain juga sekaligus untuk mencoba taktik dan strategi baru yang bisa diterapkan Nova Arianto dalam laga-laga selanjutnya.

Dalam pertandingan melawan Filipina U-16, Lucas Raphael Lee tidak bermain penuh. Dia ditarik keluar lantaran permainannya kurang berkembang sepanjang babak pertama. Pemain berpostur 178 cm itu digantikan oleh Nazriel Alfaro Syahdan selepas jeda turun minum.

3 dari 4 halaman

Punya Tendangan Mematikan

Lucas Lee dikenal memiliki kecepatan dan tendangan jarak jauh yang mematikan. Kemampuan itu telah ditunjukkan di level klub saat membela De Anza Force U-16 di MLS Next Amerika Serikat.

Dirangkum dari berbagai sumber, Lucas Raphael Lee lahir di California, Amerika Serikat. Ibu dan ayahnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Sang ibu berasal dari Bandung, Jawa Barat. Sementara bapaknya asal Solo, Jawa Tengah.

Bersama Mathew Baker, Lucas Raphael Lee sudah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 yang berlangsung di Yogyakarta pada Mei 2024. Namun, ketika itu dia dan Mathew tidak berlatih secara penuh lantaran harus membela klub masing-masing. Barulah pada awal Juni, keduanya kembali bergabung latihan di Kota Solo.

4 dari 4 halaman

Bidoata Pemain

Nama: Lucas Raphael Lee

Tempat lahir: California, Amerika Serikat

Tanggal lahir: 24 Februari 2008 (16 tahun)

Tinggi badan: 178 cm

Posisi: Gelandang

Klub: De Anza Force Soccer Club (MLS Next)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer