Sukses


Nova Arianto Emoh Puji Berlebihan Striker Andalan Timnas Indonesia U-16: Gol Terjadi karena Libatkan Semua Pemain

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, tak ingin berlebihan memuji salah satu strikernya yang tampil impresif saat menggulung Filipina U-16 pada laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2024.

Sosok striker yang dimaksud ialah Muhammad Mierza Firjatullah. Pemain bernomor punggung sembilan ini sukses membayar lunas kepercayaan yang diberikan tim pelatih Timnas Indonesia U-16 saat menggebuk Filipina dengan skor 3-0.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) itu, Mierza memang baru bermain pada awal babak kedua. Namun, penyerang berusia 16 tahun ini berhasil melesakkan brace alias dua gol pada menit ke-71 dan 90+2’. 

Dengan dua gol tersebut, Mierza kini bertengger di jajaran pencetak gol terbanyak Piala AFF U-16 2024. Sebab, pada laga melawan Singapura U-16, dia juga menyumbang satu gol ketika skuad Garuda Muda menang 3-0.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Andil Semua Pemain

Nova Arianto menegaskan kesuksesan Mierza mengukir brace pada laga ini tak bisa dilepaskan dari andil seluruh pemain. Menurutnya, semua pemain ikut terlibat dalam proses terciptanya gol tersebut.

Namun, Nova memang mengakui pergerakan Mierza cukup licin dalam melepaskan diri dari kawalan bek lawan. Inilah yang sebetulnya menjadi senjata berbahaya Timnas Indonesia U-16.

“Yang pertama, saya tidak melihat satu orang saja. Kenapa gol terjadi, pasti itu melibatkan semua pemain. Dan semua pemain bisa memahami apa yang selama ini sudah diasah di sesi latihan,” kata Nova Arianto.

“Kami bersyukur di saat kondisi lawan mulai turun, Mierza bisa melakukan pergerakan-pergerakan di belakang empat bek lawan. Menurut saya, itulah senjata kami. Hal inilah yang tidak terjadi pada babak pertama,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Apresiasi Pemain Lain

Nova cukup senang melihat kontribusi pemain asal klub Dewa United Youth tersebut. Namun, apresiasi juga layak diberikan kepada seluruh penggawa yang tampil maksimal untuk membantu Timnas Indonesia U-16 mengukir kemenangan atas The Young Azkals.

“Saya bersyukur Mierza bisa tampil bagus. Saya memberikan apresiasi yang luar biasa. Namun, saya juga tidak mau memuji satu pemain saja, tetapi ini kerja keras dari semua tim,” ujar Nova Arianto.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain yang bermain pada pertandingan melawan Filipina ini,” tambah juru taktik asal Semarang, Jawa Tengah, tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Ingin Berkontribusi

Sementara itu, Mierza merasa senang dengan kontribusinya pada pertandingan ini. Baginya, membantu tim meraih kemenangan jauh lebih penting ketimbang sekedar mengejar pencapaian individu. 

“Saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Saya selalu berusaha untuk mencari ruang agar bisa mencetak gol dan bisa membantu teman-teman yang lain,” tutur pemain kelahiran 15 Februari 2009 tersebut.   

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer