Sukses


Surabaya Bersolek Sambut Piala AFF U-19 2024, Stadion Bersejarah Gelora 10 November Dipercantik

Bola.com, Surabaya - Kota Surabaya sedang mematangkan persiapan akhir untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 2024. Turnamen itu rencananya akan digelar pada 17-29 Juli 2024 atau kurang dari sebulan lagi.

Pemkot Surabaya melalui Disbudporapar telah melakukan berbagai perbaikan fasilitas venue untuk menyambut turnamen tersebut. Ada dua stadion yang jadi venue pertandingan, yakni Gelora 10 November (G10N) dan Gelora Bung Tomo (GBT). 

Kepala Disbudporapar Surabaya, Hidayat Syah mengatakan, ada berbagai hal yang dipersiapkan dalam menyambut Piala AFF U-19 2024. Diantaranya adalah perbaikan tribun, pengecatan, penambahan daya listrik hingga penerangan di Stadion G10N. 

"Di Stadion G10N itu perbaikan tribun, menaikkan daya listrik dari 850 kVa ke 1200 kVa, penambahan lampu untuk pertandingan saat malam. Ada pengecatan, lalu juga harus ada penambahan keramik di pedestrian, dan pembenahan pada gate-gate-nya," kata Hidayat.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sesuai Arahan FIFA, AFF, dan PSSI

Selain itu, Disbudporapar Surabaya juga sudah melakukan pembenahan di area ruang ganti pemain Stadion G10N. Sejauh ini persiapan untuk menyambut Piala AFF U-19 sudah dilakukan sesuai dengan arahan FIFA, AFF, dan PSSI.

Beberapa waktu lalu, sempat ada inspeksi yang dilakukan oleh Tournament Director PSSI, Ronny J. Suhatril dan Komisaris FIFA serta AFF, Mohd Saifuddin Abu Bakar di Stadion GBT.

Mereka tak memberikan catatan khusus mengingat pada saat itu PSSI dan FIFA menilai Stadion GBT sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Menurutnya, catatan yang paling mayor dalam inspeksi saat itu hanya ditujukan pada Stadion G10N Tambaksari.

 

3 dari 4 halaman

Lapangan Berstandar FIFA

Tak banyak perbaikan untuk persiapan Piala AFF U-19 2024. Sebab, Kota Surabaya sebelumnya juga telah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada medio November tahun lalu.

Berkaca pada Piala Dunia U-17 2023, Stadion GBT menjadi venue untuk pertandingan, sedangkan Stadion G10N dijadikan sebagai lapangan latihan. Kualitas lapangan dan stadion tentu sudah berstandar FIFA sehingga tidak memerlukan banyak perbaikan.

Secara kualitas lapangan, tak banyak perbaikan yang perlu dilakukan. Apalagi, dua stadion tuan rumah juga masih sering dipakai untuk menggelar pertandingan atau latihan tim Liga 1, Persebaya Surabaya.

“Semua sudah sesuai dengan sarannya mereka (FIFA dan PSSI), bahkan juga ada ruang konferensi pers di (G10N) lantai 2,” ujar Hidayat.

 

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia U-19 Main di Stadion Gelora 10 November

Timnas Indonesia U-19 sendiri akan bersaing di Grup A bersama Timor Leste, Filipina, dan Kamboja. Semua pertandingan tim Garuda rencananya akan digelar di Stadion GBT.

Sedangkan Grup B dan Grup C dimainkan di Stadion G10N. Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Lalu, Grup C melahirkan persaingan Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei.

Dalam edisi ini, hanya tim berstatus juara grup yang dipastikan melaju ke fase gugur, tepatnya babak semifinal. Sedangkan tim runner-up hanya diambil satu dari tiga grup tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer