Sukses


Pelatih Filipina Akui Contek Taktik Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Filipina U-16, Yuki Matsuda, secara terang-terangan mengaku menyontek strategi Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024. Hanya saja, upaya tersebut gagal lantaran timnya keok dari Tim Garuda Muda.

Ya, The Young Azkals kembali menelan kekalahan setelah dilibas Timnas Indonesia U-16 dengan skor 3-0 di Stadion Manahan, Kota Solo pada matchday kedua Grup A. Piala AFF U-16 2024, Senin (24/6/2024) pukul 19.30 malam WIB.

Tiga gol Tim Garuda Muda dilesakkan Evandra Florasta pada menit ke-65 serta Mierza Firjatullah menit ke-71 dan 90+1'.

Timnas Filipina U-16 menjajal skema permainan berbeda pada laga kali ini. Mereka mengadopsi strategi lemparan ke dalam jauh atau long throw-in yang lebih dulu diterapkan Timnas Indonesia U-16 pada laga pembuka.

Long throw-in itu dilakukan bek kiri Timnas Indonesia U-16, Fabio Azka Irawan. Si penerus Pratama Arhan itu mengirim assist lemparan ke dalam untuk gol Mierza Firjatullah saat duel melawan Singapura U-16.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bagian dari Taktik

Fabio Azka Irawan tidak dimainkan sebagai starter lawan Filipina U-16. Dia baru diturunkan pada paruh kedua. Alhasil, sepanjang babak pertama penonton disuguhkan dengan aksi lemparan ke dalam jauh dari bek The Young Azkals, Elijah Sarana.

"Bek kanan kami memang bisa melakukan long throw-in. Kami memiliki pemain yang jangkung juga," kata Yuki Matsuda.

"Kami punya beberapa macam taktik. Mungkin kami bisa melempar bola ke arah pemain yang tinggi untuk mencetak gol. Ya, sama dengan taktik Indonesia," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Mudah

Kekalahan dari Timnas Indonesia U-16 menjadi yang kedua bagi Filipina U-16. Pada partai pembuka, mereka juga kalah dengan skor serupa plus strategi sama yakni low block defense kontra Laos U-16. Soal itu, Yuki Matsuda memberikan komentarnya.

"Karena pada laga pertama melawan Laos, kami hanya punya 19 pemain dan kemudian dalam pertandingan ini kami membawa 23 pemain. Jadi itu poinnya dan kami perlu mengubah taktik itu," paparnya.

"Kami baru memainkan laga pertama kita dengan kekuatan penuh saat jumpa Indonesia. Kalian tahu semua betapa spektakulernya penggemar di stadion."

"Mungkin ini jadi situasi yang sulit bagi Filipina. Jadi sekali lagi, terima kasih atas perhatian Anda, ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Filipina. Dan juga dukung Timnas Indonesia U-16," pungkas Yuki Matsuda.

 

4 dari 4 halaman

Bersua Singapura U-16

Kekalahan ini membuat Filipina U-16 tak beranjak dari dasar Grup A Piala AFF U-16 2024 dengan nol poin. Sementara itu, puncak klasemen ditempati skuad Merah-Putih dengan nilai enam.

Timnas Indonesia U-16 mengantongi angka sama dengan Laos U-16 yang membuntuti di urutan kedua. Sebelumnya, Laos U-16 menang dramatis atas Singapura U-16 dengan skor 2-1. Adapun posisi ketiga dihuni Singapura U-16 dengan nol poin.

Selanjutnya, Timnas Filipina U-16 akan bersua Singapura U-16 pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala Asia U-16 2024. Duel kedua tim tersaji di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (27/6/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer