Sukses


Jelang Liga 1: Resmi Jadi Pelatih Arema, Joel Cornelli Hanya Pantau Latihan dari Tribune Penonton

Bola.com, Malang - Arema FC sudah memperkenalkan Joel Cornelli sebagai pelatih baru untuk musim 2024/2025.

Setelah diperkenalkan di kantor manajemen Arema, Selasa (25/6/2024), dia belum bisa memimpin latihan sore harinya di Stadion Gajayana, Malang. Pelatih asal Brasil itu hanya duduk di tribune ekonomi bersama penerjemahnya, Claudio de Jesus.

Dia mengamati latihan Dendi Santoso dkk hingga usai. Setelahnya, Joel berdiskusi dengan para asisten pelatih untuk membahas program.

“Pelatih belum bisa memimpin latihan. Dia menunggu skuat lengkap dulu. Selain itu, harus melengkapi administrasi,” kata Manajer Operasional Arema FC, Sudarmaji.

Sampai saat ini, skuat Arema FC baru berjumlah 20 pemain. Pemain seperti Ahmad Alfarizi, Achmad Maulana, Syaeful Anwar, Arkhan Fikri dan para penggawa asing belum datang. Mereka baru bisa bergabung tengah pekan ini. Kemungkinan baru pekan depan skuat Singo Edan komplet.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masih Urus Visa Kerja

Sedangkan penyebab kedua, sang pelatih masih mengurus visa kerja di Indonesia. Setelah visa itu jadi, dia bisa memimpin latihan.

“Ya, dokumen itu juga harus dilengkapi lebih dulu biar bisa fokus memimpin latihan,” tegasnya.

Diperkirakan, paling lambat pekan depan pelatih 57 tahun ini bisa memimpin latihan. Dua faktor yang membuatnya harus menepi saat ini bakal bisa terselesaikan. Meski belum bisa memimpin latihan, Joel tetap memberikan programnya kepada para asisten pelatih.

Kuncoro yang dua hari ini menjalankan tugas untuk mengembalikan fisik pemain. “Saat ini, latihan baru pemulihan kondisi. Jadi, nanti ketika pelatih sudah bisa pimpin latihan, sudah siap siap masuk ke taktik dan strategi,” kata Kuncoro.

3 dari 4 halaman

Pengamatan dari Tribune

Meski hanya mengamati dari tribune, Joel terlihat serius melihat kemampuan anak buahnya. Namun, dia sudah memiliki gambaran kemampuan mayoritas pemain Arema.

“Dia sudah tahu para pemain Arema dan kemampuannya,” lanjutnya. 

Saat memantau latihan, Joel menanyakan beberapa pemain yang belum hadir. Karena dia tahu ada beberapa pemain kunci musim lalu yang tetap jadi kerangka tim musim depan.

“Kapten tim, Ahmad Alfarizi besok akan gabung. Begitu juga dengan Achmad Maulana, Arkhan Fikri dan Syaeful Anwar akan menyusul,” jelas Kuncoro kepada Joel setelah latihan.

4 dari 4 halaman

Edisi Perdana di Indonesia

Artinya, meskipun ini jadi pertama kali Joel berkarier di Indonesia, dia sudah punya gambaran kemampuan anak buahnya.

“Sekarang kan mudah mengakses informasi. Meskipun sebelumnya dia tidak di Indonesia, tetap bisa melihat lewat vidio permainan tim ini musim lalu,” tegas Sudarmaji.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer