Sukses


6 Tahap Renovasi Lapangan SUGBK demi Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Rumput Dibongkar hingga Ditanam Ulang

Bola.com, Jakarta - Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) telah memulai renovasi lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, demi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia direncanakan akan kembali bermain di SUGBK dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai Oktober 2024.

Untuk partai kandang pertama dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024, Timnas Indonesia bakal bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Rumput SUGBK memang dalam kondisi memprihatinkan sejak awal tahun ini karena dipakai untuk kegiatan non-sepak bola seperti kampanye politik dan konser musik.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Beralaskan Rumput Buruk

Akibatnya, Timnas Indonesia harus bertanding beralaskan rumput buruk SUGBK yang menghitam dan berwarna cokelat lantaran tercampur dengan tanah dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret dan Juni 2024.

Pemugaran lapangan SUGBK akan mengambil contoh perbaikan ketika hendak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni tahun lalu, yang berujung pembatalan.

"Mari kita lihat kondisi terkini dari Lapangan SUGBK. Saat ini, sedang dilakukan pekerjaan revitalisasi lapangan SUGBK," tulis akun Instagram SUGBK, @love_gbk.

3 dari 5 halaman

Menyesuaikan dengan Cuaca

"Sebagaimana telah dilakukan pada tahun 2022 dalam rangka menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2023. Pekerjaan ini dilakukan dengan melakukan revitalisasi lapisan rumput agar dapat menyesuaikan dengan iklim dan cuaca," ungkap SUGBK.

"Revitalisasi lapisan rumput berikut rangkaian proses di dalamnya ini melibatkan kembali stakeholder, tim, dan tenaga ahli yang telah berpengalaman dalam menangani persiapan Piala Dunia U-20," imbuh SUGBK.

4 dari 5 halaman

6 Tahap

Renovasi lapangan SUGBK dimulai dari pemeriksaan laboratorium, sterilisasi media tanam, leveling media tanam, penanaman rumput, proses grow-in dan perawatan intens, dan uji fungsi dan monitoring visual lapangan.

"Manajemen GBK fokus pada pemulihan lapangan SUGBK untuk mencapai level terbaik seperti yang pernah dicapai pada 2023 guna menyambut Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sebagai bentuk pelayanan publik kami," ujar SUGBK.

5 dari 5 halaman

Penampakan Renovasi Lapangan SUGBK

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by GBK Sports Complex (@love_gbk)

Video Populer

Foto Populer