Sukses


Catat Nih, Live Streaming Drawing Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia : Adrenalin dari Malaysia

Bola.com, Jakarta - Jantung seluruh masyarakat sepak bola di Tanah Air pasti sedang berdebar kencang menunggu momen spesial pada Kamis, 27 Juni 2024. Hal itu berkaitan dengan penyelenggaraan drawing putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Acara ini akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa siang. Nah, kalian bisa mengikuti prosesi sakral tersebut melalui link ini : youtube.com/watch?v=sf-b-ClHdPw. Atau bisa juga berkunjung ke sini : youtube.com/@AFCAsianCup, lalu tinggal klik di bagian event drawing.

Timnas Indonesia menjadi satu di antara negara yang masuk ke putaran krusial menuju perhelatan 2026 di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Perjuangan pasukan Shin Tae-yong ke putaran tiga tergolong berat.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dapat Slot

Kepastian satu tempat menuju fase 3 baru didapat pada laga terakhir. Saat itu, Timnas Indonesia sukses membungkam Filipina, dengan skor 2-0, via gol Thom Haye dan Rizky Ridho.

Tiga angka dari menjamu Filipina membuat Timnas Indonesia duduk manis di posisi ke-2 klasemen akhir, di bawah Irak. Vietnam, yang sebenarnya diunggulkan, justru gagal setelah mengoleksi tiga kekalahan, sehingga koleksi angkanya terpaut 4 poin dari Tim Merah Putih.

Pada proses pengundian putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti, Timnas Indonesia harus bersaing dengan 17 tim lain. Fase awal drawing adalah pembagian kluster sesuai dengan ranking FIFA terakhir.

 

3 dari 4 halaman

Isi Pot

Pot 1 ada Jepang, Iran dan Korea Selatan. Trio ini memiliki ranking FIFA di atas partisipan lain, yakni masing-masing peringkat ke-17, 20 dan 22. Setelah itu ada pot 2 yang berisi Australia (23), Qatar (35) dan Irak (55).

Pot 3 terdiri dari Arab Saudi (56), Uzbekistan (62) dan Yordania (68). Pot 4 berisi Uni Emirat Arab (69), Oman (76) dan Bahrain (81). Disusul Pot 5 yang beranggotakan Tiongkok (88), Palestina (95) dan Kirgistan (101).

Sementara itu, Timnas Indonesia berada di pot buncit alias ke-6. Jay Idzes dkk setara dengan Korea Utara (11) dan Kuwait (137). Satu di antara aturan drawing adalah setiap grup akan berisi negara yang ada di pot 1 sampai pot 6.

 

4 dari 4 halaman

Grup Berat

Artinya, sudah pasti Timnas Indonesia akan satu grup dengan tim unggulan seperti Jepang, Iran atau Korea Selatan. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sempat berharap, lebih baik anak asuhnya berada satu ruangan dengan negara asalnya, Korsel.

Setelah proses pengundian selesai, perjalanan panjang masing-masing negara, termasuk Timnas Indonesia, akan dimulai pada 5 September 2024. Laga terakhir fase putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan terjadi pada 10 Juni 2025.

Video Populer

Foto Populer