Sukses


Wujudkan Mimpi Bela Timnas Indonesia U-16, Lucas Raphael Lee Terkesan Bermain di Tanah Kelahiran Papa

Bola.com, Solo - Piala AFF U-16 2024 menjadi ajang yang sangat berkesan bagi pemain diaspora Timnas Indonesia U-16, Lucas Raphael Lee. Bukan hanya karena mencatatkan debut bersama Garuda Muda, gelandang berusia 16 tahun itu senang bisa bermain di Solo, kota kelahiran sang ayah.

Lucas Raphael Lee merupakan salah satu pemain diaspora yang dibawa pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. Dia bersama Mathew Baker lolos seleksi tahap akhir untuk berlaga di ajang kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu.

Pemain berpostur 178 cm itu lahir di California, Amerika Serikat. Lucas Raphael Lee mengaku kedua orang tuanya asli Indonesia. Sang ibu berasal dari Bandung, Jawa Barat. Sementara bapaknya asal Solo, Jawa Tengah.

"Kedua orang tua saya asli Indonesia. Ibu saya lahir di Bandung, Papa saya asli Solo. Tetapi saya tidak tahu Solo bagian mana, saya hanya tahu dia lahir di sini," kata Lucas Raphael Lee.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Debut Bersama Merah-Putih

Gelandang kelahiran 24 Februari 2008 itu baru saja menjalani debut di Piala AFF U-16 2024. Lucas Raphael Lee diturunkan sejak menit awal dalam duel kontra Timnas Filipina U-16.

Pada laga itu, Tim Garuda Muda sukses mengunci kemenangan di Stadion Manahan, Kota Solo, Senin (24/6/2024) malam WIB. Timnas Indonesia U-16 menghajar Filipina U-16 dengan skor 3-0.

Sayangnya, Lucas Raphael Lee tidak bermain penuh di pertandingan tersebut. Dia ditarik keluar lantaran permainannya kurang berkembang selama 45 menit di lapangan dan digantikan oleh Nazriel Alfaro Syahdan.

Nova Arianto terpaksa melakukan banyak perubahan pada babak kedua. Sebab, Timnas Indonesia U-16 kesulitan mencetak gol dan bermain imbang tanpa gol hingga jeda turun minum. Peruntungan Garuda Muda membaik, tiga gol dilesakkan ke gawang Filipina saat peluit akhir dibunyikan.

3 dari 4 halaman

Terkesan Dukungan Suporter

Yang pasti, Lucas Raphael Lee sangat bahagia bisa berseragam Tim Merah-Putih. Bermain di hadapan 9.446 orang dalam laga debut benar-benar membuatnya terkesan dan merinding.

"Mereka (suporter) luar biasa, ketika Anda bermain Anda bisa merasakannya. Itu luar biasa, saya tidak menemukan hal seperti ini di Amerika, di sini lebih baik," ungkap pemain yang kini membela De Anza Force U-16 di MLS Next Amerika Serikat itu.

Timnas Indonesia U-16 saat ini kokoh di puncak klasemen sementara Grup A dengan nilai enam. Garuda Muda mengantongi angka sama dengan Laos U-16 yang membuntuti di urutan kedua. Sementara posisi ketiga dan keempat dihuni Singapura U-16 serta Filipina U-16 dengan nol poin.

4 dari 4 halaman

Tantang Laos U-16

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-16 akan bersua Laos U-16 pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala Asia U-16 2024. Duel kedua tim tersaji di Stadion Manahan, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia U-16 menyandang status sebagai juara bertahan di Piala AFF U-16. Dua tahun lalu, Garuda Muda mengangkat trofi setelah menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman (12/8/2022).

Piala AFF U-16 2024 digelar di Solo mulai 21 Juni hingga 4 Juli 2024. Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari dipersiapkan sebagai venue turnamen dengan nama resmi 2024 ASEAN U-16 Boys Championship itu.

Video Populer

Foto Populer