Sukses


Awas! Kans Timnas Indonesia U-16 ke Semifinal Piala AFF Terbuka Lebar, Nova Arianto Pantang Remehkan Laos

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memastikan anak asuhnya sudah siap tempur menghadapi perlawanan Timnas Laos U-16 pada laga pemungkas Grup A Piala AFF U-16 2024.

Menurut jadwal, pertandingan penentuan Grup A Piala AFF U-16 2024 antara Timnas Indonesia U-16 melawan Laos U-16 ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Nova menjelaskan, tim pelatih sudah memetakan kekuatan lawan melalui analisis video pertandingan. Kini, skuad Garuda Muda mulai melahap latihan taktik untuk bisa mengatasi perlawanan Laos.

“kami melakukan persiapan seperti biasanya. Setelah melihat video pertandingan Laos, latihan kami hari ini fokus taktik bagaimana kami menghadapi Laos,” kata Nova Arianto saat ditemui di Stadion UNS, Rabu (26/6/2024).

“Kami mempersiapkan bagaimana bertahan dan menyerang. Itu yang akan kami persiapkan untuk menghadapi pertandingan nanti. Kami akan melihat besok untuk susunan pemainnya,” imbuhnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Semua Siap Tempur

Juru taktik berusia 44 tahun itu menegaskan, seluruh pemainnya sudah siap tempur menjelang laga ini. Namun, susunan pemain yang akan diturunkan baru bisa dipilih saat sudah memasuki hari pertandingan.

Nova memastikan, persiapan terakhir ini akan dimaksimalkan untuk mematangkan aspek taktik. Dia juga berusaha menjaga kondisi kebugaran para pemainnya agar bisa tampil prima pada laga krusial ini.

“Kondisi pemain semua siap. Total 23 pemain sudah siap tampil. Jadi, kami akan melihat taktik apa yang akan kami pakai dan siapa saja pemain yang akan diturunkan pada laga besok,” ujar Nova.

“Untuk materi dan latihan hari ini, fokus mematangkan taktikal. Kami juga harus mempersiapkan kondisi pemain agar besok bisa tampil lebih maksimal lagi,” tambahnya.

3 dari 6 halaman

Waspadai Laos

Menurut Nova, timnya tak boleh meremehkan lawan. Pasalnya, skuad asuhan Kanlaya Sysomvang sudah membuktikan kualitasnya dengan menggebuk Filipina (3-0) dan Singapura (2-1).

Dia berharap, I Putu Panji Apriawan dan kawan-kawan mampu menjalankan taktik yang telah disiapkan oleh pelatih, sehingga skuad Garuda Muda bisa mengamankan tiga poin pada laga pamungkas Grup A ini.

“Kami tetap mewaspadai Laos ya. Karena mereka sebelumnya bisa meraih kemenangan atas Filipina dan Singapura. Kami sudah melihat video dari Laos,” ujar juru taktik asal Semarang tersebut.

“Harapannya semua pemain bisa bekerja sesuai dengan apa yang saya mau, sehingga kami bisa meraih hasil maksimal pada pertandingan besok,” ia menambahkan.

4 dari 6 halaman

Peluang ke Semifinal

Nova menyebut jika peluang timnya lolos ke fase semifinal Piala AFF U-16 2024 terbuka besar. Namun, ia mengingatkan anak asuhnya agar tak meremehkan Laos U-16.

 

Anak asuh Kanlaya Sysomvang itu setidaknya sukses menggebuk dua lawan pertamanya. Filipina menjadi korban pertama setelah digasak tiga gol tanpa balas. Kemudian, giliran Singapura yang disikat 1-2 oleh Laos.

“Peluang kami untuk lolos ke semifinal pasti terbuka lebar. Namun, saya meminta pemain untuk tidak meremehkan Laos juga. Karena Laos cukup diperhitungkan di kejuaraan ini,” ujar Nova saat ditemui di Stadion UNS, Rabu (26/6/2024).

“Terbukti mereka bisa meraih dua kali kemenangan. Saya berharap para pemain bisa lebih fokus dan punya tanggung jawab untuk bisa meraih tiga poin pada pertandingan besok,” ia menambahkan.

5 dari 6 halaman

Penyelesaian Akhir

Juru taktik berusia 44 tahun itu berharap, ketajaman para pemainnya bisa lebih baik pada duel kali ini. Sebab, pada laga terakhir, skuad Garuda Muda kesulitan menjebol gawang Filipina meski punya banyak peluang.

Sepanjang laga, mereka sukses menghasilkan sembilan shots on target dari total 27 tembakan. Namun, hanya ada tiga yang berhasil dikonversi menjadi gol. Nova berharap, aspek ini bisa diperbaiki pemainnya agar produktivitas gol meningkat.

Sekali lagi, finishing itu menjadi salah satu catatan kami. Dan itu yang selalu kami perbaiki. Semoga besok pemain bisa lebih performa lagi agar secara mencetak gol kami bisa lebih maksimal.

6 dari 6 halaman

Berpeluang Lolos

Sejauh ini, Indonesia dan Laos sama-sama berhasil mengamankan enam poin hasil dari dua kemenangan dari dua laga. Skuad Garuda Muda memang berhak mengamankan posisi puncak sementara karena unggul selisih gol.

Timnas Indonesia tercatat mengukir perbedaan gol senilai (+6) hasil dari dua kemenangan atas Singapura (3-0) dan Filipina (3-0). Sedangkan Laos mendapatkan angka (+4) karena menang atas Filipina (3-0) dan Singapura (2-1).

Oleh karena itu, laga pamungkas ini akan menjadi penentu siapa yang bakal menjadi pemuncak klasemen akhir Grup A. Skuad Garuda Muda hanya butuh hasil seri untuk mempertahankan posisinya tersebut.

Jika skenario ini terwujud, Indonesia dan Laos bakal sama-sama berpeluang untuk ke semifinal. Hanya saja, Laos masih harus memperjuangkan nasibnya di jalur runner-up terbaik Piala AFF U-16 2024.     

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer