Sukses


Transfer BRI Liga 1: Arema Resmi Pertahankan 18 Pemain, Ada yang Baru Belum Diperkenalkan Nih

Bola.com, Malang - Manajemen Arema FC akhirnya merilis para pemain yang dipertahankan. Ada 18 nama yang resmi masih berbaju Arema untuk BRI Liga 1 2024/2025.

Didalamnya, masih ada para pemain yang jadi pemain kunci musim lalu. Yakni Ahmad Alfarizi, Dendi Santoso, Jayus Hariono, Achmad Maulana dan lainnya.

Selain itu, ada beberapa pemain pelapis yang dianggap punya potensi. Seperti Samuel Balinsa, Flabio Soares, Achmad Figo dan lainnya. Ada juga dua pemain yang kembali dari peminjaman. Tito Hamzah dan Kevin Armedyah.

“Mereka tetap jadi bagian tim. Kami harap tim ini segera komplit sehingga program latihan bisa normal. Kondisi pemain juga bisa setara,” kata asisten pelatih Arema, Kuncoro.

Dirilisnya daftar pemain yang bertahan, sekaligus menjawab siapa saja pemain yang dilepas. Ada 7 nama yang harus berpisah dengan Singo Edan. Tiga pemain asing, Julian Schwarzer, Charles Almeida dan Ariel Lucero masuk dalam daftar pemain dilepas. Sedangkan 4 pemain lokal adalah Teguh Amiruddin, Bagas Adi, Ginanjar Wahyu dan Greg Nwokolo.

Sebenarnya pemain yang dilepas ini sudah diprediksi sebelumnya. Meski tidak semuanya menyampaikan salam perpisahan di akun media sosial. Baru Teguh dan Bagas yang pamit. Tapi, lima nama lainnya sudah diprediksi hengkang dari Arema FC.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Enam Pemain Belum Gabung

Sementara itu dari pemain yang dipertahankan, saat ini masih belum semua gabung latihan. Ada 6 pemain yang belum muncul, yakni Julian Guevara, Charles Lokolingoy, Arkhan Fikri, Syaeful Anwar, Ahmad Alfarizi dan Samuel Balinsa. Namun mereka sudah berkomunikasi dengan manajemen untuk meminta kelonggaran.

“Mereka sudah berkomunikasi dengan kami. Mungkin pekan depan sudah lengkap,” kata asisten pelatih Arema, Kuncoro. Saat ini, Julian dan Lokolingoy masih berada di negaranya. Karena sepanjang musim mereka belum pulang kampung.

Sedangkan pemain lokal, dua pemain yang berasal dari luar pulau juga meminta kelonggaran. Seperti Arkhan Fikri dan Samuel Balinsa. Sedangkan Syaeful dan Alfarizi kemungkinan besok sudah bergabung dengan tim.

3 dari 6 halaman

Ada yang Belum Diresmikan

 

Saat ini, sudah ada 21 pemain yang gabung dalam sesi latihan. Termasuk enam rekrutan baru yang sudah diresmikan pada Selasa (25/6/2023), yakni Andrian Casvari, Anwar Rivai, Salim Tuharea, Iksan Lestaluhu, Daffa Fahish, dan Bayu Setiawan.

Hanya saja, dari komposisi pemain baru yang sudah gabung, ada satu nama yang sampai saat ini belum diresmikan. Padahal sang pemain sudah gabung latihan sejak hari pertama, Senin (24/6/2024), yakni mantan gelandang Persis Solo, M. Shulton Fajar.

Padahal dari segi pengalaman, dia lebih matang ketimbang enam pemain lokal baru lainnya. Terkait status Shulton, Manajer Operasional Arema, Sudarmaji menegaskan jika pihaknya tinggal menunggu waktu untuk meresmikan para pemain baru.

“Saat ini, bergantian para pemain yang diresmikan. Untuk Shulton, ditunggu saja nanti,” jelasnya.

4 dari 6 halaman

Masih Seleksi

Saat dikonfirmasi, kepada tim pelatih, status gelantang petarung itu tidak lagi seleksi karena kualitasnya sudah memenuhi syarat untuk gabung Arema.

“Dia tidak seleksi. Hanya menunggu waktu dari manajemen saja,” jelas asisten pelatih Arema, Kuncoro.

Jika melihat pengalaman beberapa tahun terakhir, biasanya masih ada proses penyusunan detail kontrak. Seperti yang dialami mantan pemain Dewa United, Gufroni Ma'ruf musim lalu. Dia gabung latihan lebih dulu sekaligus untuk menjaga kondisi. Setelah negosiasi kontrak rampung, dia langsung diperkenalkan sebagai pemain baru Singo Edan. 

5 dari 6 halaman

Pulang Kampung

 

Hanya saja, Shulton masih belum memberikan komentar terkait statusnya. Namun, dia tidak bisa menyembunyikan perasaan bangganya bisa jadi bagian tim Singo Edan.

”Sekarang bisa pulang setiap hari ke rumah,” katanya sambil tersenyum.

Perlu diketahui, Shulton merupakan pemain asli Malang. Hanya saja dia cukup lama berkiprah di Liga 2. Setelah bermain untuk PON Jatim, Shulton membela Persatu Tuban, Persibo Bojonegoro, hingga PSIM Yogyakarta. Di Persis dia bertahan selama lima tahun. Shulton juga jadi bagian Persis saat promosi ke Liga 1 pada 2022.

Baru kali ini dia merasakan pulang kampung dengan bermain di tim daerah asalnya. Sebenarnya, pada 2019 lalu, dia sempat dilibatkan dalam latihan Arema. Namun, waktu itu Shulton hanya sekedar menjaga kondisi saat itu. 

6 dari 6 halaman

Daftar pemain yang dipertahankan Arema FC

Kiper: Dicky Agung

Belakang: Syaeful Anwar, Rifad Marasabessy, Ahmad Alfarizi, Bayu Aji, Achmad Figo, Achmad Maulana.

Tengah: Tito Hamzah, Kevin Armedyah, Arkhan Fikri, Dendi Santoso, Jayus Hariono, Samuel Balinsa, M. Rafli, Julian Guevara,

Depan: Dedik Setiawan, Charles Lokolingoy, Flabio Soares.

 

Dilepas:

Kiper: Julian Schwarzer, Teguh Amiruddin

Belakang: Charles Almeida, Bagas Adi.

Tengah: Ariel Lucero.

Depan: Greg Nwokolo, Ginanjar Wahyu    

Video Populer

Foto Populer