Sukses


3 Pemain Laos U-16 Masuk Daftar Catatan Nova Arianto, Timnas Indonesia U-16 Jangan Sampai Kecolongan

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menyiapkan para pemainnya untuk menghadapi pertandingan melawan Laos U-16 pada penentuan Grup A Piala AFF U-16 2024.

Duel yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) pukul 19.30 malam WIB itu, akan menjadi penentu nasib Timnas Indonesia U-16 dan Laos U-16 di tangga klasemen akhir Grup A.

Pasalnya, kedua kontestan tersebut sama-sama berhasil mengamankan enam poin hasil dari dua kemenangan dari dua laga. Skuad Garuda Muda memang berhak mengamankan posisi puncak sementara karena unggul selisih gol.

Timnas Indonesia tercatat mengukir perbedaan gol senilai (+6) hasil dari dua kemenangan atas Singapura (3-0) dan Filipina (3-0). Sedangkan Laos mendapatkan angka (+4) karena menang atas Filipina (3-0) dan Singapura (2-1).

Oleh karena itu, laga pamungkas ini akan menjadi penentu siapa yang bakal menjadi pemuncak klasemen akhir Grup A. Timnas Indonesia U-16 hanya butuh hasil seri untuk mempertahankan posisinya tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Waspadai Tiga Pemain

Nova Arianto menjelaskan, ada tiga pemain Timnas Laos U-16 yang bakal diwaspadai I Putu Panji Apriawan dan kawan-kawan. Namun, dia enggan menyebut secara spesifik soal nama-nama pemain yang dimaksud.

Sebab, para pemain ini sudah masuk dalam rencana taktik Timnas Indonesia U-16. Bukan tidak mungkin, ketiga nama ini diperkirakan bisa merepotkan pertahanan skuad Garuda Muda apabila tak diantisipasi.

“Ada beberapa pemain Laos yang akan kami waspadai. Setidaknya ada tiga pemain dan itu sudah menjadi catatan kami,” kata Nova Arianto saat ditemui awak media di Stadion UNS, Rabu (26/6/2024).

“Tetapi, saya tidak bisa menyampaikan siapa saja nama-nama pemain tersebut di sini karena itu akan menjadi taktik kami untuk menghadapi pertandingan besok,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Harus Lebih Efektif

Selain itu, juru taktik berusia 44 tahun itu juga berusaha memetakan pendekatan permainan yang bakal digunakan Laos. Salah satunya yakni potensi tim lawan menerapkan pertahanan yang rapat.

Jika belajar dari pengalaman sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 sempat kesulitan membongkar pertahanan semacam itu saat menghadapi Filipina. Nova berharap, pemainnya bisa belajar dari pengalaman tersebut. 

 

4 dari 4 halaman

Pelajaran

“Kami juga mengantisipasi apa yang akan dilakukan Laos pada pertandingan besok seandainya mereka melakukan compact-defense sepe rti yang dilakukan Filipina pada laga sebelumnya,” ujar Nova.

“Itu menjadi catatan kami bagaimana pemain harus bisa keluar dari situasi tersebut. Pemain juga harus bisa lebih efisien dalam melakukan pergerakan, efisien dalam melakukan passing. Pemain harus bisa lebih percaya diri agar bisa meraih hasil maksimal,” tambahnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer