Sukses


Sosok Mierza Firjatullah, Top Scorer Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024

Bola.com, Jakarta - Nama penyerang Timnas Indonesia U-16, Mierza Firjatullah belakangan menjadi buah bibir publik Tanah Air.

Itu tidak terlepas dari penampilan apik pemain berusia 15 tahun itu bersama Garuda Muda di Piala AFF U-16 2024.

Mierza Firjatullah menjelma menjadi salah satu pemain andalan pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. Sudah tiga gol dicetak pemain kelahiran Bandung, Jawa Barat tersebut.

Striker berpostur 175 cm itu mencetak gol perdana saat melawan Timnas Singapura U-16 pada partai pembuka Grup A di Stadion Manahan, Kota Solo, Jumat (21/6/2024).

Dua gol lainnya tercipta saat membawa Garuda Muda menang 3-0 kontra Timnas Filipina U-16 pada Senin (24/6/2024).

Pemilik nama lengkap Mochamad Mierza Firjatullah itu mencatat 124 menit bermain dalam dua pertandingan awal Piala AFF U-16 2024.

Pada partai pertama, dia tampil sebagai starter dan berada 79 menit di lapangan. Kemudian di matchday kedua memulai laga dari bangku cadangan, tepatnya menit ke-46.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menimba Ilmu hingga Luar Negeri

Mierza Firjatullah kini memperkuat Dewa United Youth. Dia memulai karier sepakbolanya di akademi Asiana Soccer School.

Sekolah sepak bola yang menelurkan banyak bakat muda di skuad Timnas Indonesia U-16. Sebut saja Tristan Raisa, Daniel Alfrido, Nur Ichsan, hingga Raihan Apriyansyah.

Sementara di level klub, Mierza Firjatullah telah bermain untuk Dewa United sejak Agustus 2022. Dia tampil memukau dengan mengantarkan Tangsel Warrior kampiun Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-14 2022.

Di tahun yang sama, Mierza Firjatullah berkesempatan menjalani seleksi di CF Tecnifutbol, Spanyol meski pada akhirnya gagal terpilih.

Juga mendapat undangan untuk mengikuti latihan bersama akademi klub J-League, Cerezo Osaka setahun setelahnya.

Mierza merupakan tipe pemain multiposisi. Dia bisa dimainkan sebagai gelandang sayap kiri dan striker. Itulah yang menjadi kelebihan dari seorang Mierza Firjatullah.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Top Scorer Piala AFF U-16

Tiga torehan golnya itu membuat Mierza Firjatullah masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak di Piala AFF U-16 2024.

Mierza bersaing dengan dua pemain Vietnam U-16 yang juga mengepak tiga gol: Nguyen Viet Long dan Tran Thanh Binh.

Selain Mierza Firjatullah, ada satu nama pemain Timnas Indonesia U-16 yang ikut memanaskan persaingan di daftar top scorer. Dia adalah Evandra Florasta dengan koleksi dua gol.

Perolehan gol itu sama seperti milik Thach Daro (Kamboja), Awal Wafiy (Malaysia), serta duo Vietnam, Nguyen Thai Hieu dan Dau Hong Phong.

 

4 dari 4 halaman

Biodata Mierza Firjatullah

Nama: Mochamad Mierza Firjatullah

Tempat lahir: Bandung, Jawa Barat

Tanggal lahir: 15 Februari 2009 (15 tahun)

Tinggi badan: 175 cm

Posisi: Winger - Striker

Klub: Dewa United Youth

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer