Sukses


Rumor Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Merapat ke Liga 1, Pengamat: Perlu Dipertimbangkan Lagi

Bola.com, Jakarta - Sejumlah klub papan atas Liga 1 dikabarkan berminat mendatangkan pemain naturaliasi Timnas Indonesia. Ragnar Oratmangoen jadi satu di antara pemain yang ramai diisukan merapat ke Bali United.

Kebetulan, striker Timnas Indonesia itu berstatus tanpa klub setelah kontraknya di FC Groningen habis per Juni 2024. Pihak klub menyebut bahwa Ragnar Oratmangoen tak masuk dalam rencana skuad pada musim depan.

Bukan hanya Ragnar Oratmangoen, beberapa pemain macam Thom Haye dan Nathan Tjoe A-On juga kontraknya kadaluwarsa pada Juni 2024. Sejauh ini, belum jelas klub mana yang akan menjadi pelabuhan berikutnya para pemain tersebut.

Pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo, memberikan pandangan terkait kehebohan transfer pemain yang melibatkan personel naturalisasi belakangan ini. Apa katanya?

"Kalau masalah rumor pemain tim nasional main di Liga 1 ya kemungkinan sekarang menurut di berita di luar sana mereka ini sudah menjadi warga Negara Indonesia (WNI) jadi mereka datang ke sana itu sebagai pemain asing bukan sebagai pemain asli Belanda," ujar Aris Budi Sulistyo kepada Bola.com, Rabu (26/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jadi Pertimbangan

Tiga pemain yang disebut diatas memang belum lama ini memiliki paspor Indonesia setelah berganti kewarganegaraan. Sebelumnya, mereka memegang paspor Belanda.

"Ini yang menjadikan pertimbangan lagi kemungkinan karena yang kemarin dia jadi pemain Belanda yang tidak diperhitungkan sebagai pemain asing," kata mantan pelatih Persik Kediri tersebut.

"Yang sekarang sudah diperhitungkan sebagai pemain asing termasuk dikatakannya non-Uni Eropa, itu salah satu kerepotan dan kemungkinan kalau mereka bermain di Liga Indonesia banyak netizen yang tidak setuju mereka berkompetisi di Indonesia, ini ya harus bisa menimbang lagi," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Bisa Terkontaminasi

Ya, banyak pecinta sepak bola Indonesia yang tidak setuju apabila para pemain abroad hijrah ke Liga Tanah Air. Fans ingin mereka tetap berkarier di Eropa yang memiliki kualitas kompetisi jauh lebih baik ketimbang Liga Indonesia.

"Jadi kalaupun harus bermain di Liga 1 ya performa liga kita harus ditingkatkan dari segi kualitas, karena kalau kompetisinya seperti kemarin-kemarin kemungkinan para pemain itu akan terkontaminasi dengan permainan-permainan yang ada di liga kita," ucapnya.

"Jadi mari kita songsong kalau para pemain naturalisasi akan berkompetisi di Indonesia, kita harus siap-siap untuk belajar lagi dari mereka sebagai orang profesional," pungkas Aris Budi Sulistyo.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer