Sukses


Timnas Indonesia dan 5 Negara Berkekuatan Terlemah di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jalan Super Terjal

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan bertempur dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Capaian ini membuat Garuda kian dekat mengukir sejarah untuk pertama kalinya lolos putaran final Piala Dunia.

Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menempati posisi runner-up pada babak kedua. Mengoleksi 10 poin, anak asuh Shin Tae-yong tersebut menemani Irak sang juara Grup F.

Skuad arahan Shin Tae-yong itu jadi satu di antara 18 tim yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Thom Haye dkk. masuk Pot 6 atau kategori tim lemah di antara peserta lainnya.

Itu terjadi lantaran Timnas Indonesia menduduki posisi ke-134 peringkat FIFA. Mereka jadi tim terlemah kedua di antara 18 tim yang akan bertarung di putaran ketiga nanti.

Adapun undian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis, 27 Juni 2024.

Sedangkan, pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang menurut jadwal akan dimulai pada 5 September 2024 dan berakhir pada 10 Juni 2025, akan dibagi menjadi tiga grup, yang masing-masing berisikan enam tim.

Bola.com merangkum lima negara dengan kekuatan terlemah dalam persaingan putaran ketiga nanti, kecuali Timnas Indonesia. Total ada enam negara yang masuk pot 5 dan 6. Simak ulasannya. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

China

Timnas China sebenarnya termasuk tim kuat di Asia. Namun, skuad berjulukan Tim Naga itu kini sedang dalam kemerosotan prestasi internasional. China kini ada di peringkat ke-88 FIFA dan jadi tim terlemah keenam dari 18 tim peserta putaran ketiga.

Mereka tercatat sekali tampil di putaran final, yakni Piala Duni 2002. Hasilnya pun buruk, yakni selalu kalah dalam tiga laga fase grup saat menghadapi Brasil, Turki, dan Kosta Rika di Grup C.

Di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 lalu, mereka hampir gagal menembus putaran ketiga. Bersaing di Grup C, China punya jumlah poin yang sama dengan Thailand. Hanya saja, China unggul head-to-head sehingga Thailand yang tersingkir.

 

3 dari 6 halaman

Palestina

Tim satu ini tergolong yang tidak memiliki sejarah lolos ke Piala Dunia. Timnas Palestina cukup beruntung masuk Grup I di putaran kedua kualifikasi lalu, bersaing dengan Australia, Lebanon, dan Bangladesh.

Palestina adalah tim penghuni peringkat ke-95 FIFA atau terlemah kelima di antara 18 tim putaran ketiga. Mereka masuk pot 5 bersama China yang artinya kekuatan tim ini terhitung tidak begitu baik dalam persaingan putaran ketiga.

 

4 dari 6 halaman

Kirgistan

Sama seperti Palestina, Kirgistan juga belum pernah masuk putaran final Piala Dunia. Mereka tergolong sebagai tim yang tidak dimasukkan ke deretan kekuatan Asia.

Kirgistan berhasil menjadi runner-up Grup D putaran kedua lalu di bawah Oman yang jadi juara grup. Di dua posisi terbawah ada Malaysia dan Chinese Taipei yang memang kesulitan bersaing untuk lolos ke putaran ketiga.

Di putaran ketiga, Kirgistan merupakan tim terlemah keempat yang masuk pot 5 bersama China dan Palestina. Kirgistan tercatat berada di posisi ke-101 peringkat FIFA dan itu cukup menunjukkan kekuatan mereka yang tidak terlalu baik.

 

5 dari 6 halaman

Korea Utara

Sama seperti China, Korea Utara merupakan salah satu negara yang pernah lolos putaran final. Mereka tampil dalam dua edisi, yakni 1966 di Inggris dan 2010 di Afrika Selatan. Tapi, prestasi mereka memang sedang menurun.

Di putaran kedua lalu, Korea Utara lolos Grup B dengan status runner-up menghadapi keperkasaan Jepang yang selalu menang. Dua tim terbawah adalah Suriah dan Myanmar yang memang kesulitan bersaing di Asia.

Korea Utara kini menduduki posisi ke-100 peringkat FIFA atau jadi terlemah ketiga di putaran ketiga. Mereka masuk pot 6 dan itu akan semakin menyulitkan jika nanti bertemu tim kuat macam Korea Selatan atau Arab Saudi.

 

 

6 dari 6 halaman

Kuwait

Ini merupakan tim paling lemah di putaran ketiga. Kuwait menduduki posisi ke-137 FIFA dan terpaksa masuk pot 6 seperti Korea Utara dan Kuwait. Padahal, Kuwait tercatat pernah tampil di Piala Dunia, tepatnya sekali saja dalam edisi 1982 di Spanyol.

Di putaran kedua lalu, Kuwait bersusah payah lolos dari Grup A. Ada Qatar yang menjadi juara Grup A dengan 16 poin hasil lima menang dan satu imbang. Sementara Kuwait yang di posisi kedua cuma mengoleksi tujuh poin hasil dua menang, satu seri, dan tiga kalah.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer