Sukses


Peta Persaingan Piala AFF U-16 2024, Siapa Lolos ke Babak 16 Besar?

Bola.com, Jakarta - Piala AFF U-16 2024 memasuki fase krusial. Kontestan tim bakal memainkan partai terakhir fase grup pada Kamis (27/6/2024). Kemenangan dibutuhkan untuk lolos ke babak semifinal.

Di Grup A, Timnas Indonesia U-16 akan bertarung melawan Timnas Laos U-16 di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024) pada pukul 20.30 WIB. Di jam yang sama Timnas Filipina U-16 bersua Timnas Singapura U-16 di Stadion Sriwedari.

Sementara di Grup B mempertemuan Timnas Vietnam U-16 melawan Timnas Myanmar U-16 di Stadion Manahan, Jumat (28/6/2024). Kemudian Timnas Kamboja U-16 berjumpa Timnas Brunei Darussalam di Stadion Sriwedari.

Sehari setelahnya, giliran empat tim di Grup C yang bakal saling bentrok. Timnas Thailand U-16 bertemu Timnas Malaysia U-16 di Stadion Manahan. Adapun Timor Leste U-16 menantang Timnas Australia U-16 di Stadion Sriwedari.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sengit dan Menarik

Persaingan di penyisihan grup Piala AFF U-16 2024 berjalan cukup sengit. Hingga matchday kedua, Timnas Indonesia U-16 masih memimpin papan klasemen Grup A dengan torehan enam poin. Garuda Muda mengumpulkan angka sama dengan Laos di urutan kedua.

Kebetulan, kedua tim bakal saling bertemu di laga terakhir penyisihan grup. Untuk bisa lolos, Tim Merah-Putih wajib menjungkalkan Laos pada laga nanti. Adapun peringkat ketiga dan keempat di grup ini dihuni Singapura serta Filipina dengan nol poin.

Beralih ke Grup B, terdapat tiga tim yang berpeluang lolos semifinal Piala AFF U-16 2024. Antara lain Vietnam (4 poin), Kamboja (4 poin) dan Myanmar (3 poin). Sementara Brunei Darussalam yang sudah dipastikan tersingkir ada di posisi buncit dengan tanpa poin.

Melihat tabel klasemen tersebut, Vietnam punya kans paling besar untuk lolos ke fase berikutnya, asal mereka bisa memenangi partai terakhir. Sedangkan Kamboja dan Myanmar harus menentukan nasib sendiri sembari berharap rival terdekat terpeleset.

3 dari 4 halaman

Punya Peluang Sama

Adapun di Grup C, Thailand dan Australia sama-sama mengepak empat poin. Namun, Thailand bertengger di peringkat teratas lantaran unggul produktivitas gol dari Australia. Posisi ketiga ditempati Malaysia dengan torehan tiga angka, disusul Timor Leste dengan tanpa poin ada di dasar klasemen.

Dengan Timor Leste yang sudah dipastikan gugur, maka tiga tim bakal saling jegal untuk merebut tiket semifinal. Untuk bisa lolos, Thailand kudu bekerja ekstra keras mengalahkan Malaysia. Sedangkan Australia sepertinya tidak akan begitu kesulitan meraih poin penuh saat melawan Timor Leste.

Pada babak penyisihan grup, 12 negara partisipan dibagi ke dalam tiga grup. Masing-masing grup diisi empat tim dan bermain dalam format single match setengah turnamen. Tiga juara grup plus satu tim runner-up bakal lolos ke babak semifinal.

Di fase knock out, dua tim berasal dari grup yang sama bakal ditempatkan di bracket berbeda. Mereka akan menghadapi peringkat pertama grup lain, yakni grup yang tidak memiliki runner-up terbaik.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Jadwal Matchday 3 Piala AFF U-16 2024

27 Juni 2024

19.30 WIB - Filipina Vs Singapura

19.30 WIB - Timnas Indonesia Vs Laos

28 Juni 2024

15.00 WIB - Kamboja Vs Brunei Darrusalam

15.00 WIB - Vietnam Vs Myanmar

29 Juni 2024

15.00 WIB - Timor Leste Vs Australia

15.00 WIB - Thailand Vs Malaysia

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer