Sukses


Persiapan Piala AFF U-19 2024, Pemkot Surabaya Siapkan Transportasi Umum ke Stadion

Bola.com, Surabaya - Kota Surabaya melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 2024. Turnamen itu rencananya akan digelar pada 17-29 Juli 2024 atau kurang dari sebulan lagi.

Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai perbaikan fasilitas venue untuk menyambut Piala AFF U-19 2024. Ada dua stadion yang jadi venue pertandingan, yakni Gelora 10 November (G10N) dan Gelora Bung Tomo (GBT).

Urusan mobilitas penonton juga diperhatikan. Mereka menyiapkan transportasi umum untuk memudahkan akses menuju stadion. Hal ini berkaca saat Surabaya jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2024 lalu.

“Transportasi sudah kami siapkan dari Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan transportasi lainnya. Kami mendapat pembelajaran dari pengalaman di Piala Dunia tahun lalu. Di Piala AFF, siapkan jam penjemputan bus datang,” kata Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

6 Titik Penjemputan

Di Piala Dunia U-17 2023 lalu, penonton tidak diperkenankan untuk menggunakan pribadi menuju Stadion GBT. Sebagai gantinya, mereka diarahkan menumpangi transportasi umum dengan penjemputan di enam titik.

Untuk Piala AFF U-19 2024, belum dipastikan apakah hal yang sama akan berlaku. Yang jelas, pengerahan Suroboyo Bus dan Trans Semanggi bakal membantu penonton untuk mendukung kiprah Timnas Indonesia U-19 nanti.

Di sisi lain, tak banyak perbaikan untuk persiapan Piala AFF U-19 2024. Sebab, Kota Surabaya sebelumnya juga telah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada medio November tahun lalu.

Berkaca pada Piala Dunia U-17 2023, Stadion GBT menjadi venue untuk pertandingan, sedangkan Stadion G10N dijadikan sebagai lapangan latihan. Kualitas lapangan dan stadion tentu sudah berstandar FIFA sehingga tidak memerlukan banyak perbaikan.

3 dari 4 halaman

Sarana Pendukung

Selain menyiapkan venue, pemkot melalui Disbudporapar Surabaya juga menyiapkan lapangan latihan, seperti Lapangan Thor, dan lapangan A, B, dan C di Kompleks Stadion GBT.

Secara kualitas lapangan, tak banyak perbaikan yang perlu dilakukan. Apalagi, dua stadion tuan rumah juga masih sering dipakai untuk menggelar pertandingan atau latihan tim Liga 1, Persebaya Surabaya.

“Mereka tidak menemukan catatan krusial saat meninjau GBT karena sudah sesuai standar FIFA mengingat sebelumnya stadion tersebut digunakan menggelar pertandingan Piala Dunia U-17, begitu juga di Tambaksari (G10N),” ucap Eri Cahyadi.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Piala AFF U-19 2024

Timnas Indonesia U-19 sendiri akan bersaing di Grup A bersama Timor Leste, Filipina, dan Kamboja. Semua pertandingan tim Garuda rencananya akan digelar di Stadion GBT.

Sedangkan Grup B dan Grup C dimainkan di Stadion G10N. Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Lalu, Grup C melahirkan persaingan Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei.

Dalam edisi ini, hanya tim berstatus juara grup yang dipastikan melaju ke fase gugur, tepatnya babak semifinal. Sedangkan tim runner-up hanya diambil satu dari tiga grup tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer