Sukses


Liga 1 2024 / 2025 Tanpa Championship Series, Rachmat Irianto Tetap Ingin Bawa Persib Juara Back to Back

Bola.com, Surabaya - Kompetisi Liga 1 2024/2025 akan digelar tanpa format championship series. Ya, format yang dipakai di Liga 1 2023/2024 itu dihilangkan dan tim juara akan menggunakan sistem kompetisi penuh.

Seperti diketahui, Borneo FC keluar sebagai juara regular series di musim lalu. Sedangkan championship series melahirkan Persib Bandung yang meraih titel kampiun Liga 1 2024/2025.

Gelandang Persib, Rachmat Irianto, mengaku tidak masalah dengan perubahan format ini. Maung Bandung tetap berjuang untuk kembali meraih titel juara dengan format kompetisi penuh double round robin.

“Saya senang kembali normal seperti ini, jadi tidak ada yang iri. Musim lalu sempat ramai ada yang bilang Persib diuntungkan,” kata pemain yang akrab disapa Rian itu kepada Bola.com di Surabaya

“Padahal semuanya sudah sepakat sejak awal menggunakan championship series. Kalau kembali normal seperti ini, bagus. Kami di tim Persib pun ingin juara lagi, back to back. Jadi tidak ada kata lain, juara buat tim kami,” imbuhnya.

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Format yang Lebih Adil

Sistem kompetisi penuh yang akan diterapkan kembali di musim depan dianggap menguntungkan bagi semua tim. Masing-masing klub akan bertemu dengan klub yang sama dua kali, kandang dan tandang.

Dengan sebanyak 18 kontestan Liga 1, akan ada 34 pertandingan yang bakal dijalani oleh masing-masing klub peserta.

Format kembali seperti semula ini membuat Liga 1 lebih ketat dan adil. Sebab, tim yang akan menjadi juara adalah tim dengan poin terbanyak. Dengan begitu, klub-klub kontestan wajib berjuang mendulang banyak angka.

 

3 dari 3 halaman

Dengan Sistem Kompetisi Penuh, Persib Belum Pernah Juara

Menariknya, Persib tiga kali juara kompetisi teratas Indonesia yang semuanya dengan menggunakan format final.

Prestasi itu mereka capai di Liga Indonesia 1994-1995, Indonesia Super League 2014, dan Liga 1 2023/2024.

Dalam perjalanannya, Persib Bandung belum pernah meraih gelar juara Liga 1 dengan format kompetisi penuh double round robin.

Liga 1 2024/2025 sendiri rencananya akan dimulai pada 9 Agustus 2024. Laga pembuka akan mempertemukan juara bertahan Liga 1 musim lalu dengan tim promosi yang berstatus kampiun Liga 2 2023/2024.

Persib Bandung akan melakoni laga pembuka dengan menjamu PSBS Biak di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Bandung, 9 Agustus 2024.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer