Sukses


Masuk Grup Neraka, Pelatih Australia Ogah Anggap Remeh Tim Lain di Grup C

Bola.com, Jakarta - Timnas Australia jadi unggulan di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Grup itu tergolong berisikan tim kuat karena juga ada Jepang, Arab Saudi, Bahrain, China, dan Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, memiliki keyakinan timnya bisa berbuat banyak. Dia merasa Socceroos menunjukkan banyak perkembangan untuk lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026.

“Saya yakin kami menjadi lebih kuat sebagai sebuah tim. Pada musim lalu kami tidak memiliki kedalaman tim seperti yang kami miliki saat ini,” kata Graham Arnold seperti dilansir situs resmi AFC, Kamis (27/6/2024).

Kendati demikian, Graham Arnold tetap mencatat bahwa persaingan di Grup C tidak akan berjalan mudah. Tengok saja ada Jepang yang merupakan tim penghuni posisi ke-17 peringkat FIFA atau yang terbaik di Asia.

Lalu, masih ada Arab Saudi yang berusaha terus mengembangkan timnya di bawah arahan pelatih Roberto Mancini. Tiga tim lain, Bahrain, China, maupun Timnas Indonesia juga berpotensi melahirkan kejutan.

Dari enam kontestan itu, hanya Bahrain yang belum pernah lolos Piala Dunia. Timnas Indonesia tercatat pernah tampil putaran final Piala Dunia 1938, tapi itu masih menggunakan nama Hindia Belanda.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Terbiasa Masuk Piala Dunia

Jepang, Australia, dan Arab Saudi, merupakan tim kuat Asia yang sudah terbiasa masuk Piala Dunia. Mereka tentu akan jadi pesaing berat dalam pertarungan di Grup C ini.

Sesuai regulasi, AFC mendapat slot 8,5 untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Enam di antaranya lewat putaran ketiga. Artinya, masing-masing dua tim teratas Grup A-C akan lolos langsung.

Namun, masih ada slot lain lewat jalur putaran keempat yang akan diikuti oleh masing-masing tim penghuni posisi 3-4 Grup A-C. Di putaran keempat, hanya ada dua tiket putaran final yang diperebutkan.

Total ada delapan tiket lolos langsung dari zona Asia. Sedangkan yang dimaksud setengah slot sisanya adalah menjalani play-off antarkonfederasi yang jadi penentu akhir.

 

3 dari 3 halaman

Ogah Remehkan

Graham Arnold tak ingin meremehkan tim-tim lain. Dia sadar bahwa Australia termasuk unggulan, namun dia menekankan kepada timnya untuk tetap berjuang keras lolos ke Piala Dunia 2026.

“Banyak orang yang duduk santai dan berpikir bahwa ada delapan setengah kuota yang tersisa. Tim berpotensi lolos dan itu akan lebih mudah, namun undian hari ini menunjukkan bahwa ada tiga grup yang sulit,” ucapnya.

Australia sendiri tercatat sudah enam kali lolos ke Piala Dunia. Sebanyak lima di antaranya terjadi secara beruntun sejak 2006 hingga terakhir pada 2022 lalu. Mereka kini menduduki posisi ke-23 ranking FIFA atau jadi tim terbaik keempat di Asia.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer