Sukses


Ingat Wagner Lopes? Pemain Naturalisasi Jepang di Piala Dunia 1998, Kini Jadi Pelatih Anyar PSS Sleman

Bola.com, Sleman - PSS Sleman resmi memperkenalkan jajaran kepelatihan jelang menyongsong Liga 1 2024/2025. Tim berjulukan Super Elang Jawa itu akan dilatih Wagner Lopes pada kompetisi mendatang.

Juru taktik berkebangsaan Brasil-Jepang itu baru saja diumumkan lewat media sosial resmi klub pada Kamis (27/6/2024) malam WIB. Wagner Lopes diperkenalkan bersama lima nama lainnya.

Mereka adalah asisten pelatih Ansyari Lubis dan Amiruddin (asisten pelatih kiper). Keduanya merupakan dua di antara sosok yang dipertahankan manajemen Tim Elang Jawa. Ansyari bergabung sejak medio 2022, sedangkan Amiruddin pada musim lalu.

Sementara di posisi pelatih fisik ada William Schmidt. Kemudian Andre Croda Borges (pelatih kiper), dan Antonio Gabriel Silva Silvera (pelatih analis). Selain itu, PSS Sleman juga merekrut penerjemah bahasa bernama Claudio Luzardi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Alasan Manajemen PSS

Presiden Direktur PT PSS, Gustu Randa membeberkan alasan utama mendatangkan Wagner Lopes. Menurutnya, rekam jejak sang pelatih menjadi salah satu pertimbangan.

"Wagner Lopes kami tunjuk sebagai pelatih kepala PSS musim ini. Pengalaman serta cara bermain menjadi salah satu alasan kami merekrutnya menjadi pelatih," ujar Gusti Randa di Omah PSS, Sleman, Kamis (27/6/2024) sore.

Pria berusia 58 tahun itu mengatakan, Wagner akan segera tiba di Indonesia. Setelah itu, pelatih berlisensi CBF Pro tersebut bakal langsung memimpin sesi latihan skuad Laskar Sembada di Lapangan Pakembinangun, Sleman.

"Wagner tentu akan segera memimpin latihan tim bersama jajaran kepelatihannya. Pekan depan nanti mereka bisa bergabung bersama tim dan mempersiapkan diri untuk menyambut musim baru," katanya.

3 dari 5 halaman

Penyegaran

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PSS Sleman (@pssleman)

Pelatih kelahiran Franca, Brasil itu menggantikan peran Risto Vidakovic. Gusti Randa memaparkan, perombakan di jajaran ofisial tim dilakukan demi mencapai target finis enam besar pada musim depan. Oleh karena itu perlu adanya penyegaran.

"Kami sudah sering jelaskan kalau target PSS di musim ini adalah enam besar. Jadi kami merasa butuh penyegaran terutama dalam segi pelatih kepala," terang Gusti Randa.

"Saya mewakili manajemen mengucapkan terima kasih kepada coach Risto serta jajaran pelatih yang bertugas di musim lalu. Meskipun dalam waktu singkat, kami selalu mendoakan mereka diberikan kesuksesan di masa yang akan datang," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Rekam Jejak

Wagner Lopes merupakan eks penyerang naturalisasi Timnas Jepang. Juru taktik berusia 55 tahun itu merupakan salah satu pemain kunci keberhasilan Jepang lolos ke Piala Dunia 1998 untuk kali pertama dalam sejarah.

Sosok kelahiran 29 Januari 1969 itu cukup lama berkarier di Liga Jepang. Wagner Lopes merantau ke Negeri Sakura sejak 1980-an hingga akhirnya mendapat kewarganegaraan Jepang pada 1998.

Wagner Lopes memulai karier kepelatihannya pada 2005. Dia didapuk sebagai asisten pelatih di Paulista FC dan langsung meraih gelar juara Copa Do Brasil. Lopes pun naik kelas menjadi head coach tim tersebut empat tahun setelahnya.

Pada 2011, Wagner Lopes berhasil meraih gelar perdana sebagai pelatih kepala di Copa Sao Paulo. Setelah itu, dia kembali ke Jepang dengan menjadi asisten pelatih Gamba Osaka pada 2012.

Pencapaian tertinggi Wagner Lopes yakni ketika membawa klub Brasil, Atletico-GO menjuarai Campeonato Goiano pada musim 2019. Atletico-GO tampil apik sepanjang musim dengan meraih 31 kemenangan, 16 imbang, dan sembilan kalah dari 56 laga.

5 dari 5 halaman

Jangan Lewatkan Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer