Sukses


Timnas Indonesia Bersaing dengan Jepang hingga Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pengamat: Tidak Ada yang Tidak Mungkin

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tergabung di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim berjulukan Garuda itu bakal bersaing dengan Timnas Jepang, Timnas Arab Saudi, Timnas Australia, Timnas China, dan Timnas Bahrain.

Grup ini bisa disebut grup neraka karena empat lawan Garuda Muda masuk 100 besar dalam ranking FIFA. Sementara Timnas Indonesia cuma menempati urutan 134. Status tersebut menjadikan mereka sebagai tim terlemah di Grup C.

Selain itu, empat tim di grup tersebut pernah merasakan berlaga di putaran final Piala Dunia. Jepang, Australia, dan Arab Saudi merupakan peserta Piala Dunia edisi sebelumnya.

Melihat fakta tersebut, perjalanan Timnas Indonesia untuk mewujudkan mimpi mentas di ajang empat tahunan tersebut tidak akan mudah. Meski begitu, pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo, meminta anak-anak Indonesia untuk tidak takut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Semua Bisa Terjadi

Mantan pelatih Persik Kediri itu memegang prinsip bahwa tak ada yang tak mungkin di sepak bola. Dalam sepak bola segalanya bisa terjadi. Oleh karena itu, Aris Budi Sulistyo berharap Rizky Ridho dkk. tetap fight saat melawan tim-tim kuat di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kalaupun gagal, tetap membanggakan bisa melaju sejauh ini. Percaya diri, tidak ada yang tidak mungkin, sepak bola bukan matematika," ujar Aris Budi Sulistyo kepada Bola.com, Jumat (28/6/2024).

"Siapa yang bisa menciptakan peluang dan bisa dimaksimalkan, itulah yang nantinya jadi pemenang," sambung pria yang pernah membawa Persik Kediri meraih trofi juara Liga Indonesia pada medio 2003 itu.

3 dari 5 halaman

Menikmati Permainan

Menurut Aris Budi Sulistyo, satu hal yang penting dilakukan Garuda yakni mempersiapkan tim dengan baik. Tak perlu lagi sibuk memikirkan siapa lawan terberat atau termudah di grup tersebut. Lebih baik Timnas Indonesia fokus pada diri sendiri.

Masih ada sekitar dua bulan untuk persiapan. Waktu tersebut bisa digunakan tim besutan Shin Tae-yong itu untuk memperbaiki segala kekurangan. Termasuk mempelajari gaya permain lawan untuk menentukan taktik yang akan digunakan.

"Mulai dari sekarang, semua pemain saya yakin tidak akan takut, tapi menikmati permainan dan persaingannya," tegas Aris Budi Sulistyo.

4 dari 5 halaman

Lewati 10 Laga

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan memainkan sepuluh pertandingan. Dimulai sejak 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025 dengan format home-away.

Masing-masing juara dan runner-up grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 otomatis lolos ke babak final Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara peringkat ketiga dan keempat Grup A-C, masih akan bermain di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun posisi kelima dan keenam tersingkir.

5 dari 5 halaman

Nikmati Liputan Menarik Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer