Sukses


Piala AFF U-16 2024: Jadi Bahan Eksperimen Nova Arianto, Mathew Baker Dapat Instruksi Khusus saat Main di Posisi Baru

Bola.com, Solo - Pemain diaspora Timnas Indonesia U-16, Mathew Baker, menjadi salah satu pemain yang harus menjalankan sejumlah peran yang berbeda dari Nova Arianto di Piala AFF U-16 2024.

Yang terbaru, Mathew Baker digeser Nova Arianto untuk menempati posisi gelandang saat Timnas Indonesia U-16 menghadapi Laos U-16 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Ini menjadi peran ketiga yang dijalankan pemain kelahiran Australia itu selama Piala AFF U-16 2024. Sebelumnya, pada pertandingan pertama melawan Singapura, dia sempat dipasang mengisi pos bek kiri.

Dalam kesempatan yang lain, Mathew Baker juga pernah mengisi pos bek tengah dalam skema tiga bek sejajar. Khusus untuk peran barunya sebagai gelandang, Baker mendapatkan instruksi khusus dari Nova Arianto.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bisa Bantu Serangan

Pemain asal klub Melbourne City U-18 menjelaskan alasan Nova Arianto menggesernya menjadi gelandang bertahan, tepatnya saat duel Timnas Indonesia U-16 melawan Laos U-16 memasuki pada babak kedua.

Menurut Mathew, Nova ingin dirinya bisa terlibat lebih banyak dalam skema serangan skuad Garuda Muda. Di posisi tersebut, Baker memang lebih sering naik ke depan saat timnya dalam mode ofensif.

“Coach Nova ingin mencoba saya untuk bermain di posisi gelandang agar saya bisa terlibat lebih banyak dalam serangan,” kata Mathew Baker saat ditemui seusai pertandingan, Kamis (27/6/2024).

“Saya tidak tahu apakah Coach Nova akan kembali mencoba menurunkan saya di posisi yang sama pada pertandingan semifinal. Jadi, ya mari lihat saja,” ia menambahkan.

3 dari 5 halaman

Kemampuan Multi-Posisi

Nova Arianto sempat memberikan pujian secara khusus untuk Mathew Baker. Sebab, pemain nomor punggung lima ini memiliki keunggulan yang spesial, yakni mampu menempati sejumlah posisi.

Nova sempat menurunkan pemain berusia 15 tahun ini di posisi aslinya, baik itu bek tengah maupun bek kiri. Namun, khusus laga kontra Laos, Baker sempat digeser menempati pos gelandang bertahan.

“Namun, Baker memang lebih mempunyai keunggulan karena dia bisa bermain di tiga posisi. Pertama di centerback, lalu di fullback kiri. Terakhir tadi kami coba pasang di gelandang bertahan,” ujarnya.

4 dari 5 halaman

Lolos Semifinal

Kesuksesan Timnas Indonesia U-16 melenggang ke semifinal Piala AFF U-16 2024 ini dipastikan setelah menumbangkan Laos U-16 pada laga pamungkas Grup A di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Skuad Garuda Muda sukses menggasak Laos dengan skor 6-1 lewat gol Muhammad Zahaby Gholy (24’), gol bunuh diri Sayyavath Vansavath (31’), Josh Holong Junior (37’ dan 61’), I Putu Panji Apriawan (45+4’), dan Muhammad Mierza (79’).

Dengan kemenangan ini, skuad asuhan Nova Arianto sukses mengamankan sembilan poin dari tiga pertandingan Grup A sekaligus mengamankan satu tiket untuk tampil di semifinal Piala AFF U-16 2024.

5 dari 5 halaman

Nikmati Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer