Sukses


PSSI Akan Bayarkan Denda AFC ke Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner Total Rp286,4 Juta

Bola.com, Jakarta - PSSI akan membayarkan denda AFC kepada pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, dan dua pemainnya, Justin Hubner dan Ivar Jenner, akibat perilaku di Piala Asia U-23 2024.

Total, ketiganya dihukum AFC untuk membayar nominal sebesar 20.000 dolar AS atau setara dengan Rp286,4 Juta.

Shin Tae-yong didenda AFC 7.000 dolar AS (Rp122,8 juta). Sementara, Justin Hubner dan Ivar Jenner masing-masing didenda 5.000 dolar AS (Rp81,8 juta).

Ketiganya diharuskan membayar denda itu paling lama 30 hari sejak keputusan tersebut keluar, yang diterbitkan Komite Disiplin dan Etika AFC pada Kamis (27/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dibayarkan PSSI

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa denda dari AFC layaknya denda dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang mesti dilunasi.

"Ya itu sama seperti hukuman Komdis PSSI, sudah ada aturannya. Ya dipenuhi," ujar Arya Sinulingga, Jumat (28/6/2024).

"Harus dilakukan tahapan-tahapan pembayaran sesuai dengan yang ada. PSSI yang membayar denda," jelas Arya Sinulingga.

3 dari 4 halaman

Vonis AFC kepada Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner

Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner divonis AFC melanggar Pasal ke-50 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Shin Tae-yong dinilai "selama konferensi pers pasca-pertandingan, tergugat membuat komentar yang mempertanyakan kompetensi dan integritas wasit dan AFC".

Sementara, Justin Hubner dan Ivar Jenner didenda AFC karena membuat status di media sosial yang dinilai menghina Piala Asia U-23 hingga Federasi Sepak Bola Qatar (QFA).

4 dari 4 halaman

Imbas Status di Media Sosial

"Tergugat membagikan konten di media sosial yang menghina dan mempertanyakan integritas hasil pertandingan, pertandingan itu, kompetisi, negara Qatar, Asosiasi Sepak Bola Qatar, dan atau AFC," tulis AFC.

Sanksi dari AFC itu diduga buntut dari status Justin Hubner dan Ivar Jenner kala Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari tuan rumah Timnas Qatar U-23 dalam partai pertama Grup A Piala Asia U-23 pada 15 April 2024.

Video Populer

Foto Populer