Sukses


Sepak Terjang Pelatih Persija, Carlos Pena: Jebolan Barcelona Seangkatan Juan Roman Riquelme dan Ronaldinho, Melatih di Thailand Musim Lalu

Bola.com, Jakarta - Carlos Pena resmi diumumkan sebagai pelatih baru Persija Jakarta pada Sabtu (29/6/2024). Bagaimana sepak terjang arsitek asal Spanyol tersebut?

Carlos Pena lahir di Salamanca, Spanyol, pada 28 Juli 1983. Usianya 40 tahun. Sebelum sebagai pelatih, ia adalah pemain profesional sejak 2003 hingga 2020.

Carlos Pena adalah bagian dari Barcelona C dan B sejak 2001 dan promosi ke tim utama di La Liga pada 2003. Namun, hingga kepindahannya ke Albacete pada 2006, ia tidak pernah bermain.

Selama tiga tahun di tim berjulukan Blaugrana itu, Carlos Pena hanya sanggup sepuluh kali menembus daftar susunan pemain (DSP) Barcelona, tapi tidak sekalipun diturunkan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kalah Bersaing dengan Giovanni van Bronckhorst

Carlos Pena kalah bersaing dengan Giovanni van Bronckhorst hingga Sylvinho sebagai fullback kiri selama periodenya di Barcelona.

Ketika Carlos Pena memperkuat Barcelona, rumput Campo Nou masih diinjak oleh Juan Roman Riquelme, Javier Saviola, Carles Puyol, Ronaldinho, Samuel Eto'o, Deco, hingga dua pemuda yang kelak menjadi legenda Blaugrana, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Sementara, Carlos Pena memulai karier kepelatihannya pada 2020 ketika menjadi pelatih klub lokal Spanyol, Lorca Deportiva CF berlanjut ke UCAM Murcia U-19.

3 dari 4 halaman

Memimpin Ratchaburi FC

Pada Februari 2021, Carlos Pena ditunjuk sebagai asisten pelatih Lleida Esportiu sebelum mengepalai Albacete U-19 pada Juli tahun yang sama hingga April 2022.

Carlos Pena kembali ke klub terakhirnya sebagai pemain, FC Goa, di India sebagai pelatih pada April 2022-Mei 2023. Setelah itu, ia diangkat oleh klub kasta teratas Liga Thailand, Ratchaburi FC mulai Juni 2023.

Pemilik lisensi kepelatihan UEFA itu memimpin Ratchaburi dalam 35 pertandingan di berbagai kejuaraan dengan hasil 14 kemenangan, enam seri, dan 15 kali kalah.

4 dari 4 halaman

Persija Klub Besar

Carlos Pena membawa Ratchaburi mengakhiri Thai League 1 2023/2024 di peringkat keenam dengan 39 poin dari 30 partai.

"Persija adalah klub yang sangat besar dengan suporter yang luar biasa. Mereka memiliki target yang ambisius," ujar Carlos Pena dalam keterangan yang dibagikan media Persija.

"Saya ingin melanjutkan perjalanan saya sebagai pelatih di klub besar seperti Persija. Saya bertekad membantu perkembangan klub dan para pemainnya," tutur Carlos Pena.

Video Populer

Foto Populer